Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – pandangan Akademisi, Infrastruktur sebagai salah satu penunjang berkembangnya UMKM di Bengkulu menuju UMKM naik kelas bertempat di Bencoolen Indah Mall.

Dalam acara dialog interaktif memeringati HUT Kota Bengkulu ke-300 yang digelar di BIM Pantai Panjang bertajuk UMKM Naik Kelas mendapat pandangan khusus dari pengamat Akademisi dimana UMKM sebagai penunjang perekonomian masyarakat Bengkulu, Jum’at (15/3/2019)

Dikatakan Rektor UNIHAZ Dr Yulfiperius bahwa peran UMKM sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat, terkhusus di daerah Bengkulu yang merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya.

Pihaknya juga menyampaikan, terkait perkembangan UMKM ini harus diperhatikan penuh oleh Pemerintah Kota karena terkadang mereka yang mempunyai Produk-produk di desa-desa yang ingin dipasarkan, masih merasa kebingungan untuk mempromosikannya keluar Daerah mereka.

Apa lagi dipandang bahwa salah satu yang menjadi masalah penting adalah tingkat Infrastruktur sebagai penunjang utama dalam aksesbilitas.

“Bahwa Bengkulu ini cukup kaya, tapi infrastruktur kita yang masih kurang, nah ini yang harus dibenahi, sehingga nanti hasil dari setiap desa itu akan lancar untuk dibawa ke sentra-sentra pemasarannya,” Ujar Yulfiperius

Sekarang masih banyak masyarakat yang masih mengeluh tentang Aksesbilitas seperti jalan dan lainnya untuk para UMKM ini bisa mempromosikan produknya keluar dari daerah meraka. Dan kita berharap pembangunan Infrastruktur ini menjadi hal Utama dalam peningkatan menuju UMKM Naik Kelas.

“Kita sudah memberikan masukan kepada pemkot bahwa sekarang program pemkot infrastrukturnya baru dibangun seperti jalan sampai ke gang-gang dan ini harus ditingkatkan lagi, dimana yang belum terjamah harus di jamah lagi,” Imbuhnya.

Menurutnya, Jika infrastruktur bagus otomatis UMKM bisa beroprasi dengan maksimal, sehingga jika banyak infrastruktur yang dibangun tidak mungkin lagi UMKM tidak berkembang.

Selain itu, pihaknya jika melihat dari program-program Pemerintah Kota tentang pelaksanaan UMKM nya sudah cukup Bagus hanya tinggal bagaimana Pemkot bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan secara rutin dan berkesinambungan untuk para UMKM, Seperti membuat pelatihan-pelatihan UMKM Berbasis IT untuk Promosinya, sehingga para UMKM dapat melek terhadap Teknologi.

“Jadi UMKM di Bengkulu ini, untuk pelaksanaannya seperti yang disampaikan pihak pemkot tdi sudah berjalan tinggal menunggu pembinaannya lagi. Dimana pembinaan ini harus berkesinambungan tidak bileh stagnan, sebentar berjalan lalu mandek, dan insha allah IMKM nya akan Naik Kelas,” Pungkasnya. [Asep Setiawan]