PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Meningkatnya harga hasil komoditas pertanian di Provinsi Bengkulu tidak bisa lepas dari peran serta Serikat Tani Bengkulu (STAB).

Salah satu rintisannya adalah upaya meningkatkan hasil panen serta stabilitas harga.

Dengan adanya jaminan yang sudah dibuat tersebut secara tidak langsung meminimalisir peran tengkulak dalam transaksi jual beli di kalangan petani yang ada di Bengkulu.

Hal inilah yang dipaparkan Muspani SH saat di temui Pedoman Bengkulu, Rabu (20/3/2019).

“Sudah lama petani di Bengkulu berharap harga hasil pertanian yang stabil, tidak di monopoli atau di atur oleh beberapa orang sehingga kalangan petani merasakan dampak dari stabilitas harga,” katanya.

Muspani sendiri merupakan praktisi di bidang hukum yang juga calon anggota legislatif DPR RI dari PDIP.

Ia selalu memberikan perhatian dan tetap akan terus berjuang bagi kepentingan kalangan petani, khususnya petani perhutanan sosial dan petani yang menggarap hutan lindung milik pemerintah.

“Saya akan terus berjuang dalam meningkatkan harga hasil pertanian mereka, legalitas lahan yang mereka miliki saat ini, karena sebagian lahan para petani masih masuk dalam hutan produksi terbatas dan hutan lindung,” terang Muspani.

Ia pun menjelaskan solusinya.

“Legalitas lahan yang mereka punya harus jelas, harga komoditas pertanian mereka terjamin, kita dampingi mereka dalam setiap kesempatan, inilah tugas saya,” jelas Muspani SH menutup pembicaraan. [Fey]