Mudik dengan kereta api sangat populer di pulau Jawa. Infrastruktur yang baik, kenyamanan dalam kereta dan pelayanan maksimal turut menyumbang minat pemudik selain harga tiket yang bersaing. foto: Muhammad Adimaja/Antara

Dari ujung ke ujung pulau Jawa sudah terhubung dengan jalan tol. Mudik naik kendaraan sendiri pasti menggoda bagi yang ingin merasakan nikmatnya jalur bebas hambatan.

Tapi ingat, ada lagi moda transportasi yang jauh lebih nyaman tinggal duduk sampai ke tujuan yaitu naik kereta api. Masih ingat kan asyiknya berburu tiket kereta api di musim mudik dan libur lebaran?

Kereta Api Indonesia mencatat sebanyak 5 jutaan penumpang terangkut pada musim mudik tahun 2018. Jumlah orang yang memesan tiket kereta api jarak jauh tersebut diperkirakan naik sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya. Lalu apa saja alasan calon penumpang yang ingin mudik lebaran naik kereta api tahun ini?

Gerbong yang Nyaman

Tidak bisa dipungkiri reformasi gerbong kereta api yang dilakukan beberapa tahun belakangan berimbas pada kenyamanan penumpang. Kini semua penumpang dapat menyesuaikan kebutuhannya naik gerbong kelas ekonomi hingga sleeper train untuk perjalanan jarak jauh.

Perusahaan Kereta Api Indonesia memastikan setiap gerbongnya dilengkapi dengan pendingin ruangan selama perjalanan. Ruang kursi untuk kaki penumpang yang memiliki tiket kereta api juga diperhatikan jaraknya. Soal kenyamanan perut tidak perlu diragukan.

Hampir tiap jam makan petugas berkeliling menawarkan menu andalannya. Ingin suasana lebih nyaman, gerbong restorasi juga dibenahi dengan interior yang asyik untuk berlama-lama di sini.

Bebas Kemacetan dan Bebas Mabuk
Perjalanan

Gangguan kesehatan saat perjalanan dengan kendaraan sendiri yang umum dialami adalah mabuk darat. Pusing dan terasa masuk angin, biasanya dikeluhkan penumpang. Minimalkan dengan mencari tiket kereta api mudik tahun ini.

Dengan kenyamanan yang ditawarkan penumpang akan menikmati bebas macet dan perjalanan nyaman di jalurnya. Mabuk perjalanan pun bisa dihindari dengan tersedianya kursi kereta api yang nyaman dan gerbong yang berpendingin ruangan. Jika merasa terganggu dengan suhu yang rendah atau terlalu gerah, laporkan saja pada petugas yang nama dan kontaknya tertera di dekat pintu gerbong.

Harga Tiket Bersaing

Selain kenyamanan, soal harga tiket kereta api mudik tentu jadi bahan pertimbangan. Dengan variasi kelas gerbong yang disediakan, pilihan harga tiketnya pun semakin luas. Tiket kereta api dapat diperoleh dengan harga murah sekali hingga harga yang kompetitif dengan tiket pesawat.

Untuk arus mudik tahun 2019, calon penumpang juga mendapat telah kepastian terkait tempat duduk yang diincar.

Perusahaan Kereta Api Indonesia juga terus berusaha menambah armada mudik dan balik yang harga tiket kereta api-nya diupdate secara berkala tanpa perlu mengantri tiket di stasiun.

Bonus: Pemandangan Indah

Masih ingat film 5cm yang membuat anak muda berbondong-bondong ke kota Malang untuk menikmati pemandangan sepanjang perjalanan naik kereta Matarmaja? Pemandangan sepanjang jalan jadi alasan paling utama bagi siapapun yang memilih membeli tiket kereta api daripada tiket pesawat.

Masih ingin naik pesawat? Ingat, membeli tiket kereta api untuk mudik tahun ini sangat mudah. Berbagai tujuan stasiun kampung halaman bisa dicari dengan aplikasi online travel agent Traveloka. Cukup masukkan tanggal keberangkatan dan carilah jam kereta yang paling tepat untuk dibeli.

Jika tidak mendapat tiket kereta api utama, Traveloka akan menyarankan untuk melakukan perjalanan dengan kereta lanjutan.

Pilihan perjalanan tersebut didapat dengan membeli tiket kereta api ke kota terdekat lalu disambung dengan kereta api berikutnya. Satu dua kota dilalui, libur lebaran jadi lebih kompleks dan menyenangkan bukan?