PedomanBengkulu.com, Bengkulu —
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan Bengkulu kondusif dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada 17 April mendatang. Hal ini disampaikannya saat pemaparan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada Kementerian Dalam Negeri melalui video conference,Rabu, (10/4/2019).

Rohidin mengatakan, saat ini logistik Pemilu untuk pulau terluar Indonesia yaitu Enggano segera dikirimkan melalui jalur laut dan bekerjasama dengan angkatan laut. Orang nomor satu di Bengkulu ini menegaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) serta unsur TNI dan Polri selalu bergandeng tangan melakukan sosialisasi agar pelaksanaan Pemilu pada 17 April berjalan sukses dan kondusif. Selain itu juga agar partisipasi pemilih meningkat.

“Kita ingin menjadikan pesta demokrasi di Bengkulu benar-benar menggembirakan. Tentu saja dengan kaedah-kaedah penyelenggaraan yang jujur, adil, transparan. Bengkulu telah siap dan tak ada kendala yang berarti,” terang Rohidin.

Dikatakan Rohidin, adanya kerjasama dengan FKPD Bengkulu Rohidin memastikan dan menjamin netralitas TNI Polri serta ASN.

“Soal netralitas ASN, termasuk TNI dan Polri kami benar-benar komitmen. Kita tidak menginginkan adanya persoalan dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif ini,” tegas Rohidin.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo, meminta kepada Pemerintah Provinsi Bengkul untuk memantau pengiriman logistik ke Enggano.

“Kami mengapresiasi kesiapan Provinsi Bengkulu. Semoga distribusi ke Enggano tidak terkendala cuaca. Apabila ada persoalan, mohon segera komunikasi,” jelas Soedarmo.[Ardiyanto]