PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Launching Kampus Siaga Bencana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu dan pembukaan Youth Red Cross Competition (YRCC) se- Sumatera sukses dilaksanakan, Kamis (25/4), di halaman gedung Perpustakaan IAIN Bengkulu.

Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penguatan kelembagaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penguat kelembagaan selain kegiatan belajar dan mengajar, dan merupakan salah satu bentuk dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat melalui kampus siaga bencana,” ujar Rektor IAIN Bengkulu, Kamis (25/4).

Kegiatan ini dibuka langsung Ketua Bidang PMR dan Relawan H. Muhammad Muas, SH dan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu yang di wakili oleh Asisten Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Dr. Sumarno, M.Pd serta Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH. kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dibuka di halaman Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu. Kamis (25/4).

Lebih lanjut, Sirajuddin berharap agar mahasiswa dan warga kampus sebagai agen perubahan dapat berperan aktif di lingkungan internal kampus dan masyarakat untuk melakukan upaya pengurangan risiko bencana secara terpadu dan berkelanjutan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Rektor IAIN Bengkulu, Gubernur Bengkulu melalui Asisten Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Dr. Sumarno M.Pd, dalam sambutannya meminta dosen dan mahasiswa IAIN Bengkulu melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat dapat menjadi fasilitator indikator dan faktor pengurangan risiko bencana kepada masyarakat pedesaan.

“Saya menyambut positif dan memberi apresiasi kepada IAIN Bengkulu yang telah mempersiapkan diri menjadi kampus siaga bencana mengingat Bengkulu merupakan daerah rawan bencana,” kata Sumarno.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, H. Muhammad Muas SH mengajak seluruh elemen untuk bekerjasama membangun SDM dalam upaya menanggulangi kesiap siagaan menghadapi bencana.

“Marilah kita bersatu untuk menjaga dan merawat Indonesia untuk kedamaian bangsa,” ujar Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI pusat saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara secara langsung.

Berdasarkan pantauan pedomanbengkulu.com, kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ketua Bidang Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Rektor IAIN Bengkulu, Kepala Pelaksana BPBD Prov. Bengkulu, Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Provinsi Bengkulu, Kepala Bidang Tata Usaha Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, dan Wakil Ketua II Gerakan Pramuka Kwarda Bengkulu. [Nurhas/ADV]