PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai langkah memastikan iuran wajib Pemda telah dilaporkan secara maksimal, akurat dan efektif, BPJS Kesehatan bersama Pemda Kota Bengkulu, Pemda Bengkulu tengah, Pemda Bengkulu Utara dan KPPN Bengkulu menggelar rekonsiliasi iuran wajib PNS, Pemda PNS pusat TNI Polri triwulan I tahun 2019, Senin (15/04).

Dalam kegiatan rutin triwulan yang digelar setiap tahun ini, hadir Sekretaris Daerah Bengkulu Utara Haryadi, Kepala Kantor Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu, Kepala BKD Benteng serta jajarannya.

”Yang kami harapkan sebenarnya dalam rekonsiliasi ini adalah melalui kegiatan ini pembayaran iuran wajib yang dibayarkan oleh Pemda dapat dilakukan tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulannya, dan Pemda yang melakukan penyetoran terpantau oleh masing-masing kepala daerah. Kami berterima kasih karena hampir seluruh Pemda telah melakukan penyetoran sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Rizki Lestari.

Menurutnya, iuran yang dibayarkan Pemda secara rutin setiap bulannya sangat dibutuhkan untuk membiayai biaya pelayanan JKN-KIS di rumah sakit. Pembayaran setoran iuran wajib tersebut menjadi salah satu bukti kepedulian Pemda untuk menjaga dan mengawal keberlangsungan Program JKN-KIS ini.

“Kami juga berharap, Pemda setempat dapat ikut membantu mengedukasi masyarakat, khususnya para peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, karena partisipasi mereka juga menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan program ini bisa terus berkesinambungan,” ujar Rizki.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Bengkulu Utara Haryadi mengungapkan rasa terima kasih terhadap Program JKN-KIS ini. Menurutnya, kehadiran Program JKN-KIS telah membawa dampak yang signifikan terhadap kemerataan akses layanan kesehatan. Selain itu, tingkat kesejahteraan masyarakat pun menjadi lebih terjaga karena kini masyarakat tak perlu khawatir jatuh miskin akibat harus membayar biaya pelayanan kesehatan yang tinggi.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sebelum kita kenal dengan nama PT Askes (Persero). Prestasi BPJS Kesehatan itu luar biasa, peserta yang banyak dan dilayani dengan baik di seluruh pelosok Indonesia. Memang masih terdapat keluhan terkait beberapa hal, namun sesungguhnya tidak ada yang sempurna. Ini adalah tantangan bagi kita bersama untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas dan melakukan penyempurnaan di sana sini,” jelas Haryadi.

Kegiatan rekonsiliasi triwulan I ini ditutup dengan penandatangan Berita Acara Rekonsiliasi yang ditandatangani oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup dan pihak Pemerintah Daerah.[Rls]