Ilustrasi bendera partai politik

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Setelah menunggu proses perhitungan suara yang dilaksanakan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Teranyar, berdasarkan data Real Count untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Idonesia (DPR RI) telah masuk 100 persen didalam Sistem Perhitungan (Situng) suara website Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Sabtu tanggal 27 April 2019.

Berdasarkan data Real Count yang masuk tersebut, Partai PDIP menduduki peringkat pertama dengan jumlah suara sebanyak 136.276 suara atau 13,86 persen. Kemudian disusul Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 135.467 suara atau 13,78 persen. Selanjutnya Partai Gerindra masih menduduki posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 129.933 suara, atau 13,21 persen. Kemudian Partai PAN menduduki di posisi ke empat dengan perolehan suara sebanyak 120.710 suara atau 12,28 persen.

Untuk urutan selanjutnya yaitu Partai PKS dengan perolehan suara sebanyak 98.737 suara atau 10,04 persen. Sedangkan untuk Partai NasDem memperoleh suara sebanyak 93.794 suara atau 9,54 persen dan Partai PKB memperoleh suara sebanyak 77.521 suara atau 7,88 persen.

Terkait ini, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai PDIP Provinsi Bengkulu Elva Hartati, Minggu (28/4/2019) mengatakan, dalam hal ini pihaknya tetap akan menunggu keputusan akhir Pleno dari KPU RI meskipun hasil Real Count yang masuk 100 persen menyatakan Partai PDIP unggul.

“Soal siapa yang akan menduduki satu kursi yang akan menjadi milik PDIP dari Dapil Bengkulu, dalam Real Count sudah jelas, tapi kita masih menunggu keputusan Pleno KPU RI,” terang Elva Hartati.

Sementara, Caleg DPR RI dari Partai Golkar M Saleh belum mau untuk berkomentar banyak meskipun berdasarkan Situng KPU Golar berada di peringkat kedua.

“Kita tunggu saja hasil keputusan Pleno KPU. Insya Allah satu kursi DPR RI dari Dapil Bengkulu menjadi milik Golkar,” ungkap M Saleh.

Selain itu, Ketua Badan Komunikasi (Bakom) DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu Randy Marta, menerangkan pihaknya juga akan menunggu Pleno KPU, meski dari data Gerindra mampu mempertahankan satu kursi DPR RI dari Dapil Bengkulu.

“Insya Allah satu kursi DPR RI dari Dapil Bengkulu dipertahankan. Tapi untuk finalnya kita tunggu hasil pleno KPU,” jelas Randy. [Ardiyanto]