PedomanBengkulu.com, Seluma – Menyikapi Hari Pendidikan Nasional ke-60 pada 20 Mei mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma menggelar jalan santai bertempat di Lapangan Disparpora Kelurahan Pasar Tais. Selain itu, kegiatan jalan santai tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Seluma Suparto.

“Sebagai warga negara yang baik mari kita tingkatkan kualitas pendidikan kita untuk kemajuan bangsa ini, terutama kabupaten seluma mempunyai generasi penerus yang tidak boleh dilupakan, selain pendidikan terdapat kebudayaan. Karena kebudayaan juga suatu akar yang harus dilestarikan,” ujar Suparto, Senin (29/4/2019).

Disamping itu, jalan santai tersebut dihadiri oleh Sekda Seluma Irihadi, Dandim 0425/ Seluma Letkol Inf Wiwit Jalu Wibowo serta siswa SD, SMP, dan SMA turut memeriahkan gelaran jalan santai.

Selaku Plt Diknas Kabupaten Seluma Mirin Ajib menyampaikan, bahwa saat ini diperlukannya kualitas pendidikan yang baik, agar nantinya menciptakan generasi yang berkualitas.

“Banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai pencetus sekaligus pelopor pendidikan, supaya anak-anak bangsa Indonesia dapat mengeyam dan merasakan pendidikan. Terutama di era globalisasi saat ini, kualitas pendidikan juga sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan,” sampai Mirin.

Ditegaskan, selain pendidikan pihaknya juga menegaskan untuk tidak melupakan kebudayaan yang sudah melekat pada bangsa ini. Namun, sangat disayangkan majunya teknologi membuat sebagian kebudayaan menjadi luntur ditelan zaman.

“Zaman yang semakin maju juga membuat kebudayaan ikut luntur, selain itu kami sebagai Dinas Pendidikan Seluma memberikan ilmu tambahan bagi sekolah sekolah untuk disampaikan dan dipelajari oleh siswanya agar kebudayaan tidak punah ditelan zaman. Zaman boleh modern, tapi pendidikan dan kebudayaan tidak boleh dilupakan,” tegas Mirin. [Wahyu]