Ilustrasi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Proses rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebagian besar telah dilakukan pada tingkat kecamatan. Saat ini, proses perhitungan bersiap untuk naik pada tingkat kabupaten/kota.

Dari proses perhitungan suara DPD RI tingkat kecamatan se-Provinsi Bengkulu yang dilakukan Institute of Social Justice (ISJ), terdapat tiga nama yang telah bisa dipastikan lolos ke Senayan.

Mereka adalah Riri Damayanti John Latief dengan 106.099 suara, Sultan Bachtiar Najamudin dengan 143.324 suara, dan Ahmad Kanedi dengan 122.961 suara. Sementara Hermen Malik memperoleh 86.126 suara, selisih tipis dengan Eni Khairani yang memperoleh 86.132 suara.

“Kalau pun ada perubahan tidak akan terlalu signifikan. Kecuali posisi keempat dan kelima DPD RI. Riri Damayanti, Sultan dan Bang Ken tetap kokoh di posisi tiga besar,” kata Deputi Politik pada Institute of Social Justice, Septiansyah, Kamis (25/4/2019).

Sedangkan untuk DPR RI perhitungan masih terus berlangsung. Berdasarkan perhitungan sementara, empat partai politik menguasai perolehan suara yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan PAN.

Partai Golkar berada di peringkat pertama dengan perolehan suara sebesar 13,99 persen, PDIP peringkat kedua dengan perolehan 13,54 persen, Partai Gerindra di posisi ketiga 13.45 persen, dan partai PAN menduduki posisi keempat dengan 11,73 persen suara.

Maka keempat Parpol tersebut menjadi kandidat kuat untuk mendudukkan wakilnya di Senayan. Partai NasDem, PKB dan PKS yang berada di bawah empat partai tersebut diperkirakan sulit untuk mengejar ketertinggalan dari sisa perhitungan yang ada.

Pun demikian, data-data hitung cepat tersebut tidak dapat dijadikan sebagai pegangan utama, karena tidak menunjukkan jumlah suara yang sesungguhnya.

Untuk diketahui, rentang waktu rekapitulasi di tingkat kecamatan selama 17 hari terbilang paling lama atau selambat-lambatnya pada 5 Mei 2019 untuk kemudian dibawa pada tingkat yang lebih tinggi, yaitu kabupaten/kota dalam rentang waktu 20 April hingga 8 Mei 2019.

Setelah selesai pada tingkat kabupaten/kota, rekapitulasi akan dilanjutkan pada tingkat KPU provinsi, selama kurun waktu 20 April hingga 8 Mei 2019.

Pada tingkat tertinggi atau KPU RI yang menghitung suara hasil pemilu secara nasional akan selesai dan dipublikasikan antara tanggal 25 April hingga 22 Mei 2019 di KPU RI.

Media massa dan masyarakat diperbolehkan untuk memantau proses penghitungan suara untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecurangan. [Medi Muamar]