PedomanBengkulu.com, Kepahiang – Forum komunikasi yang dilaksanakan antara BPJS Kesehatan Cabang Curup dengan para pemangku kepentingan utama di Pemerintahan Daerah Kepahiang terus digalakkan demi terselenggaranya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang lebih baik.

Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama kali ini dipimpin oleh . Dihadiri pula oleh perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang, Badan Kepegawaian Daerah Kepahiang, , Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepahiang, Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, dan juga Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepahiang.

“Fokus utama forum kali ini di antaranya tentang dukungan Pemda Kepahiang terkait Program JKN-KIS seperti yang sebelumnya telah diatur dalam Perpres 82 Tahun 2018, upaya peningkatan cakupan kepesertaan di Kabupaten Kepahiang, dan jaminan kesehatan bagi aparatur desa yang ada di Kabupaten Kepahiang,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup Syafrudin Imam Negara, Jumat (26/04).

Ia juga kembali meminta Pemerintah Daerah untuk mendorong partisipasi badan usaha setempat agar mengalokasikan anggaran CSR-nya untuk membantu membiayai masyarakat kurang mampu yang ada di Kabupaten Kepahing, yang belum menjadi peserta JKN-KIS.

“Terima kasih saya ucapkan untuk semua pihak terkait yang telah ikut serta membantu BPJS Kesehatan dalam melaksanakan tugas dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS ini. Program ini merupakan program kita bersama. Mari kita bersama-sama dalam mewujudkan Universal Health Coverage untuk Indonesia yang lebih baik,” harap Syafrudin.

Sampai dengan 1 April 2019, jumlah kepesertaan Kabupaten Kepahiang sudah mencapai 68%. Masih dibutuhkan kerja keras untuk terwujudnya Universal Health Coverage. Kendati demikian, Syafrudin optimis dengan kerja sama yang baik bersama Pemerintah Daerah setempat, pihaknya dapat mewujudkan penyelenggaraan JKN-KIS yang berkualitas.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut juga dibahas mengenai komitmen Pemerintah Daerah setempat dalam mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS. Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Zamzami yang juga hadir pada acara tersebut.

“Kita akan kawal terus perjalanan Program JKN-KIS di Kabupaten Kepahiang. Kita mulai dengan segera menerbitkan regulasi yang akan mendorong percepatan Universal Health Coverage di Kabupaten Kepahiang. Juga pendaftaran aparat desa yang belum terdaftar. Kemudian akan kita susul dengan penyediaan anggaran tambahan untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Kabupaten Kepahiang,” ujar Zamzami.[Rls]