PedomanBegkulu.com, Bengkulu — Untuk memastikan pembangunan Jalan Tol Bengkulu – Lubuk Linggau Tahap I sepanjang 17,625 KM dapat berjalan lancar, Tim Persiapan dan Tim Sekretariat Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu Tahap I Bengkulu – Taba Penanjung (STA.0+000 – STA.17+625) menggelar Sosialisasi di Aula Kantor Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Rabu (10/4/2019).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri sekaligus Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu Tahap I mengatakan, dilaksanakannya sosialisasi ini untuk memastikan bahwa Warga yang Terkena Pembangunan (WTP) memahami, dan mendukung serta menyetujui dilaksanakannya pembangunan Jalan Tol tersebut.

“Selanjutnya tim bersama warga bersangkutan akan melakukan pengecekan langsung ke lapang terkait data lahan yang terkena dampak pembangunan,” ujar Hamka Sabri.

Lanjut Hamka Sabri, setelah dilaksanakan pendataan ke lapangan, data yang ada tersebut akan diserahkan kepada pihak Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional/ Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Provinsi Bengkulu dan pendataan lahan warga tersebut ditargetkan selesai 31 Mei 2019 mendatang.

“Jadi untuk status ganti untung terhadap lahan warga ini kita serahkan sepenuhnya kepada pihak BPN untuk penentuan harga, baik itu untuk lahan maupun tanam tumbuhnya,” jelas Hamka Sabri.

Diketahui, sosialisasi ini sebelumnya juga telah dilaksanakan kepada warga Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Warga Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu yang juga terkena dampak pembangunan.[Ardiyanto/Rls]