PedomanBengkulu.com, Seluma – Pelaksanan Ujian Nasional (UN) yang dijadwalkan serentak pada Senin ini (22/4) diikuti dari berbagai sekolah di Kabupaten Seluma, selain itu pelakasanaan UN serentak berlangsung selama 4 hari ke depan sesuai dengan jadwal yang tertera.

Sebelumnya, pelaksanaan UN secara serentak pertama kali  berlangsung pada April 2019 ini. Dilakukannya UN serentak mengingat bahwa saat ini sudah mendekati bulan Ramadhan. Hal tersebut kembali ditegaskan Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Mirin Ajib agar semua murid yang mengikuti ujian dapat libur sebelum bulan ramadan.

“Benar baru kali ini kita melakukan ujian serentak untuk SD dan SMP, itu sesuai jadwal pada tanggal 22 hingga 25 April besok. Diadakan secara serentak karena sebentar lagi akan memasuki libur ramadan, agar semua murid dapat libur secara bersamaan,” tegas Mirin, Senin (22/4/2019).

Dijelaskan, dalam tahun ajaran 2018/2019 ini, tercatat untuk murid SMP sederajat mengikuti UN sebanyak 3.224, sedangkan SD sebanyak 2.868. Namun untuk 47 SMP yang berada di Seluma saat ini baru 7 SMP yang dapat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), lantaran 7 SMP tersebut sudah memiliki sarana dan prasarana komputer yang baik.

“Untuk keseluruhan yang mengikuti UN saat ini sebanyak 3.551 siswa. Untuk UNBK memang hanyak 7 Sekolah, bukan hanya masalah sarana, namun terkait jaringan internet dengan kualitas bagus juga menjadi syarat UNBK, sedangkan untuk sekolah lain yang belum melaksanakan UNBK masih melakukan ujian secara tertulis seperti sebelumnya,” jelas Mirin.

Sementara itu, untuk 7 sekolah yang melaksanakan UNBK yaitu, SMPN 27 Seluma, SMPN 1 Seluma, SMPN 6 Seluma, SMPN 23 Seluma, SMPN 18 Seluma, SMPN 10 Seluma, dan SMPN 19 Seluma. [Wahyu]