Walikota Bengkulu H Helmi Hasan bersama Walikota Palembang H Harnojoyo berbaur bersama warga masyarakat usai mengikuti program safari subuh di Masjid Akbar Kecamatan Sako Palembang, Jumat (12/4/2019).

PedomanBengkulu.com, Palembang – Walikota Bengkulu H Helmi Hasan bersama sejumlah jajarannya mengunjugi Kota Palembang untuk melihat langsung upaya pemerintah setempat memakmurkan masjid.

Bersama Walikota Palembang H Harnojoyo, Helmi berbaur bersama warga masyarakat Palembang mengikuti program safari subuh di Masjid Akbar Kecamatan Sako Palembang, Jumat (12/4/2019).

Usai safari subuh tersebut, Helmi menyatakan kekagumannya atas upaya Pemerintah Kota Palembang dalam memakmurkan masjid. Ia optimis, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dapat mengundang keberkahan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan siapapun yang memakmurkan masjid, Allah akan berikan kemakmuran. Satu kota memakmurkan masjid, kota itu akan diberikan kemakmuran,” kata Helmi saat diwawancara.

Menurut Helmi, apa yang dilakukan Walikota Palembang untuk mengajak setiap warga masyarakat memakmurkan masjid sangat positif.

“Bahkan beliau sudah buat Perwal-nya. Kami datang ingin mencontoh itu. Agar Kota Bengkulu juga bisa seperti Palembang, kota yang mengajak setiap warga masyarakatnya memakmurkan masjid,” demikian Helmi Hasan.

Walikota H Helmi Hasan berkunjung ke Kantor Pemerintah Kota Palembang.

Sebelumnya, Walikota Helmi Hasan berkunjung ke Kantor Pemerintah Kota Palembang, Kamis (11/4/2019). Helmi diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa yang didampingi oleh sejumlah pejabat Eselon II lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Helmi Hasan mengelaborasi antara program Pemerintah Kota Bengkulu yang mendorong agar seluruh pejabat dan ASN-nya untuk menunaikan salat lima waktu dengan program memakmurkan masjid Pemerintah Kota Palembang yang diinisiasi Walikota Harnojoyo.

Dalam pertemuan ini Sekda Kota Palembang Ratu Dewa menjelaskan tentang program Salat Subuh Berjamaah yang dilaksanakan oleh seluruh pejabat mulai dari Eselon IV, III hingga Eselon II.

Program tersebut dilanjutkan dengan Program Gotong Royong Bersama.

Dalam menjalankan program ini, Pemerintah Kota Palembang menerapkan aplikasi Siabuh atau Salat Subuh untuk memeriksa kehadiran pejabat yang diwajibkan menginstal aplikasi tersebut dan mengupload foto sebagai bukti kehadiran mereka di masjid.

Dengan bukti kemampuan para pejabat untuk memotivasi lingkungannya masing-masing ikut dalam program subuh berjamaah, Pemerintah Kota Palembang memberikan reward kepada pejabat berprestasi untuk ikut umroh.

Walikota H Helmi Hasan saat memberikan tausiah di Markas Dakwah Masjid Al-Burhan.

Dalam kunjungannya ke Kota Palembang, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan juga sempat memberikan tausiah di Markas Dakwah Masjid Al-Burhan. Ia mengajak para pekerja dakwah yang memadati masjid saat itu untuk melaksanakan iktikaf dan bersilaturahmi dengan warga Bengkulu.

Walikota H Helmi Hasan bersilaturahmi dengan Kapoltabes Palembang Kombes pol Didi Hayamansyah

Di samping itu, usai melaksanakan salat Jumat, Walikota H Helmi Hasan juga berkunjung ke Mapolres Palembang dan bersilaturahmi dengan Kapoltabes Palembang Kombes pol Didi Hayamansyah. [Abdul Karim/Advetorial]