PedomanBengkulu.com, Seluma – Tahun 2019 ini sebanyak 15 SMP akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui kucuran dari APBN dengan total 9.3 miliar rupiah. Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt Diknas Kabupaten Seluma Mirin Ajib.

“15 sekolah tersebut dengan pengucuran dana sebesar 500 juta hingga 600 juta rupiah,” kata Mirin Ajib, Senin (20/5/2019).

Dijelaskan, untuk sekolah tersebut nantinya akan menerima DAK fisik dan non fisik, hanya saja untuk tahun ini tidak ada pembanguan gedung kelas baru.

“Untuk sekolah yang dapat perehapan yakni SMP 23 SMP 3, SMP 2, SMP 27, SMP 21 dan 26, termasuk pembuatan WC itu DAK untuk fisik, sedangkan non fisik berupa pengadaan alat peraga Matematika serta Biologi, dan perampungan tahapan DAK akan dirampungkan pada Agustus mendatang”, jelas Mirin.

Lanjutnya, adapun teknis pengerjaan akan dikerjakan secara swakelola dari sekolah masing-masing. Namun, harus menunggu tahapan pemeriksaan SMK tahun 2018 kemarin yang saat ini masih dilakukan review kembali. Sedangakan pengucuran DAK untuk SD berjumlah sekitar 18 miliar rupiah.

“Kita targetkan review dari inspektorat selama dua bulan ke depan selesai dan baru bisa dikerjakan oleh masing-masing sekolah yang menerima bantuan tersebut. Sedangkan anggaran DAK untuk SD digunakan sebagai pembangunan infrastruktur sejumlah SD yang ada di Kabupaten Seluma”, tutup Mirin.[Wahyu]