Wawali Dedy Wahyudi tinjau lokasi kebakaran, Sabtu (11/5/2019

PedomanBengkulu.com,Bengkulu – Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan Pasar Minggu Kota Bengkulu, Sabtu (11/5/2019) subuh. Akibat kebakaran ini, 40 kios pedagang ludes.

Kepala Pengendali Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu, Saiful Apandi mengungkapkan, Belum diketahui penyebab kebakaran, meski tidak menelan korban jiwa, akibat peristiwa ini kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir hingga 1 miliar. Puluhan los dan kios pedagang ludes dilalap api. Penyebab masih didalami,” Saipul Apandi.

Sementara itu saksi mata Naya (18) mengatakan, api dengan cepat membakar kios para pedagang. “Api cukup besar, api dengan cepat membakar kios pedagang Kejadiannya saat waktu Salat subuh,” katanya.

Pasca kebakaran, Wakil Walikota Dedy Wahyudi meninjau langsung lokasi kebakaran yang meludeskan lebih dari 40 kios pedagang.

Dalam kunjungannya, Wawali Dedy Wahyudi mengatakan atas nama Pemerintah Kota Bengkulu turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa pedagang Ios koperasi pasar Minggu.

“Pemerintah hadir untuk merasakan kesedihan para pedagang korban kebakaran. Kami hadir untuk mencari tahu dan mencari solusi yang terbaik untuk pedagang yang terkena dampak kebakaran,” ucapnya, saat meninjau lokasi kebakaran.

Lanjut Dedy, untuk pembangunan los pedagang yang terbakar nantinya kita akan berkoordinasi dulu dengan pihak terkait yakni Dinas Koperasi.

“Keinginan para pedagang tadi  minta untuk pembersihan lokasi kebakaran. Besok kita mulai rancang pembangunan yang diinginkan pedagang. Target dalam Minggu ini mulai pembangunan,” ungkap Dedy Wahyudi.

Sementara itu, Ketua Koperasi Pedagang Bersatu, Alpika Darwis mengatakan belum mengetahui penyebab terbakarnya 40 kios pedagang auning koperasi.

“Tadi kita minta dengan pemerintah untuk dibantu pembersihan lokasi kebakaran. Kami minta ke Pemerintah untuk segera dibangunkan los baru agar pedagang bisa berjualan kembali,” tutupnya.

Untuk diketahui, Wakil Walikota meninjau lokasi kebakaran didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Koperasi serta jajaran lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu.[Asep Setiawan]