PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu akan surati Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Politik jika Partai Politik tidak segara mengerucutkan dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub), mengingat pentingnya Wakil Gubernur sebagai roda pemerintahan.

“Legislatif saat ini masih bersifat menunggu dan diharapkan dua nama Cawagub bisa segera disampaikan ke DPRD Provinsi,” Ihsan Fajri, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, kamis (30/5/2019).

DPRD Provinsi sudah melayangkan surat ke Gubernur Rohidin Mersyah sejak tanggal 6 Mei 2019 yang berlaku hingga lima belas hari setelah surat itu dilayangkan.

“Kita dari DPRD secara kelembagaan sudah menyurati Gubernur terkait dorongan agar jabatan Wagub bisa diusulkan. Dari informasi yang diterima, Partai Politik (Parpol) pengusung akan segera mengerucutkan 2 nama Cawagub,” kata Iksan.

Ihsan Fajri juga mengatakan, bakal memastikan jika tidak segera dimerucutkan, pihaknya bakal menyurati Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parpol pengusung.

“Apabila tidak juga kunjung disampaikan dua nama Cawagub tersebut, kita akan menyurati pimpinan Parpol pengusung di tingkat pusat,” jelasnya.

Sementara sebelumnya, Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu mengaku sudah menerima lima nama calon Wakil Gubernur namun belum ada keputusan final terkait dua nama calon Wagub dari Parpol pengusung. Lima nama calon tersebut yakni Muslihan dari Hanura, Herliardo dari PKB, Hermedi Rian dari PKPI, Rusli Yakub dan Dedi Ermansyah dari Nasdem. [Medi Muamar]