PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) dengan bangga mempersembahkan 491 orang wisudawan-wisudawati yang berhasil menamatkan pendidikan mereka di 8 fakultas Program Sarjana Periode Mei Tahun 2019.

Masing-masing dari mereka merupakan lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 167 orang, Fakultas Agama Islam sebanyak 25 orang, Fakultas Pertanian 36 orang, Fakultas Ekonomi 120 orang, Fakultas Teknik 60 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 38 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 21 orang, Fakultas Hukum 24 orang.

Wisuda UMB periode Mei Tahun 2019 merupakan wisuda pertama di tahun ini (1/5). Sidang Wisuda diselenggarakan di Gedung Gunung Bungkuk STQ Bengkulu memiliki arti yang penting, karena masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia khsuusnya Provinsi Bengkulu mendapatkan kembali putra-putri terbaiknya yang telah menjadi putra-putri terdidik, terlatih dan tercerahkan dari kampus favorit pilihan masyarakat.

Acara yang penuh khidmat dan kebahagiaan tampak pada ribuan keluarga dan sahabat wisudawan-wisudawati yang larut dalam kegembiraan. Beberapa tokoh penting dan tamu undangan yang turut hadir di acara wisuda UMB adalah Ketua Majelis DIkti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Gubernur Bengkulu beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Walikota Bengkulu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 2, Koordinator Kopertais Wilayah VII, Pimpinan Perguruan Tinggi se Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas/Badan/Kantor serta Pimpinan Bank, Pimpinan Media Cetak dan Elektronik, serta segenap Mitra Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Asiyiyah Beserta Ortom, Senat serta Civitas Akademika dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. H. Sakroni, M.Pd. membuka langsung acara wisuda dan memberikan ucapan selamat kepada wisudawan dan orang tua, Dalam kesempatan ini secara khusus pula kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali para wisudawan yang telah menitipkan anaknya di UMB dan hari ini kami serahkan semoga kerja sama ini terus kita lanjutkan sampai ke cucu-cucu bapak dan ibu. Selamat para wisudawan.

Perguruan Tinggi Swasta Favorit
Sakroni juga menuturkan, Alhamdulillah hingga tahun ajaran 2018/2019 ini, masyarakat Provinsi Bengkulu masih menjadikan UMB sebagai perguruan tinggi swasta favorit untuk melanjutkan studi. Kepercayaan masyarakat ini juga ditentukan dengan hasil akreditasi baik program studi maupun institusi. Sistem penerimaan mahasiswa baru UMB juga tidak membedakan latar belakang calon mahasiswa, semua pendaftar yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih.

UMB juga telah menjalin Kerjasama dalam dan luar negeri di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi saat ini dengan melakukan 185 Kerjasama dalam negeri dan 43 Kerjasama Luar Negeri. tutur Sakroni.

Sakroni menambahkan lebih lanjut perkembangan UMB, Selain memiliki 4 Kampus yang berada di tengah kota Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu juga sudah menyelesaikan Gedung 6 lantai yang merupakan kembaran dari Gedung Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tanwir yang dibangun berlantai tiga yang dilengkapi dengan AC. Kedua bangunan tersebut berlokasi di Kampus 4 yang direncanakan akan menjadi kampus pusat dan terpadu UMB berada di Jalan Adam Malik Pagar Dewa Kota Bengkulu. Bangunannya dirancang modern, futuristik dan bisa menjadi salah satu objek wisata.

Disamping itu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki Sekolah Laboratorium Fakultas Pertanian yaitu SMK Agro Maritim terletak di dekat kampus 4 lengkap dengan fasilitas pembelajaran, memiliki 37 siswa pilihan seluruh Provinsi Bengkulu dengan Program Menjemput Matahari. Dan tahun ini juga akan menerima kembali siswa baru dengan jalur prestasi dan regular.

Prestasi Lulusan
Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata program sarjana periode mei adalah 3,27 dengan lulusan predikat IPK tertinggi diraih oleh tiga wisudawan terbaik tingkat universitas, yaitu Ummi Kalsum binti Suparmo dengan IPK 3,92 predikat Pujian dari Pogram Studi Pendidikan Ekonomi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan alumni SMA N 1 Curup Selatan, Ristiani binti Kasudin dengan IPK 3,91 predikat Pujian dari Program Studi Agroteknologi dari Fakultas Pertanian berasal dari SMA N 1 Mukomuko, dan Sri Wahyuni binti Jum IPK 3,84 predikat Pujian dari Program Studi Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berasal dari MAN 1 Rejang Lebong.

Wisudawan terbaik setiap fakultas selain tingkat universitas adalah Nur Anisa dengan IPK 3,69 dari fakultas Agama Islam, Novita Oktavia dengan IPK 3,50 dari Fakultas Ekonomi, Randi Afri Nandes dengan IPK 3,58 dari Fakultas Teknik, Cica Anisa dengan IPK 3,82 dari Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Rara Anggraini dengan IPK 3,59 dari Fakultas Hukum.

Rata-rata masa studi wisudawan adalah 4,5 tahun. Rerata masa studi tercepat dari Program Studi PPKn, yaitu 3,8 tahun.

Prestas Mahasiswa
Menurut Sakroni, salah satu fokus UMB saat ini dan ke depan adalah memberikan banyak pengalaman dan keterampilan di luar perkuliahan kepada mahasiswa. Hal ini menjadi penting dalam mempersiapkan lulusan UMB untuk menghadapi perubahan yang paling nyata adalah globalisasi revolusi industri 4.0. Digitalisasi interaksi antar individu, antar komunitas, hingga antar bangsa terjadi dengan cepat.

Bukti dari komitmen UMB untuk mendidik generasi yang terdidik, terampil, dan tercerahkan beberapa diantaranya adalah Prestasi yang pernah diraih mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu terdiri dari prestasi dibidang penelitian dengan meraih hibah PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKMT), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Selain itu dibidang Olahraga mahasiswa UMB mendapat 3 Mendali Emas Kejuaraan ASEAN University Games Myanmar, Mendali Emas Kejuaraan Pencak Silat Paku Bumi Open Asia Eropa 2018, Juara 1 Kelas 74 KG kelas gaya bebas putera terbuka 2018, Medali Perak Futsal antar perguruan tinggi se-Kopertis Wilayah II.

Dibidang Minat Bakat lainnya mahasiswa UMB juga mendapat Juara 2 Lomba Potret Kesehatan Nasional, Juara 1 LCC 4 Pilar Provinsi Bengkulu, Juara 1 MTQ /STQ Tingkat Provinsi, Juara 1 Robotika Tingkat Provinsi Bengkulu, Juara 1 Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat Bengkulu, Juara 2 Tahfidzul Qur’an Tingkat Provinsi.

Mahasiswa UMB juga dipercaya sebagai Duta beberapa Instansi di luar kampus seperti Duta Humas Polda Bengkulu, Bujang Gadis Bengkulu, Puteri Pariwisata, Duta Genre, Putra Putri Kampus, Duta Maritim Indonesia dan lain sebagainya. Dibidang penulisan, setiap tahunnya UMB melahirkan penulis buku karya mahasiswa UMB dan yang terbaru adalah novel dengan judul “Puan Perawan” dan novel “Tentang Rindu” karya Diska Widya Astuti Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UMB.

Prestasi Dosen
Dalam pidatonya Sakroni menjelaskan perkembangan UMB saat ini. Dalam hal Sumber Daya Manusia menurut jenjang pendidikannya, tenaga pendidik Universitas Muhammadiyah Bengkulu terdiri atas 31 orang dosen lulusan S-3 (10,99%), 251 dosen lulusan S-2 (89,01%). Tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu berjumlah 88 orang dan tenaga pustakawan berjumlah 5 orang.
Bidang penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat, Alhamdulillah Universitas Muhammadiyah Bengkulu telah memperoleh program penelitian dan pengabdian dari kemenristek dikti berupa 1 Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi, 15 Penelitian Dosen Pemula, 7 Penelitian Disertasi Doktor, 2 Program Kemitraan Masyarakat, 2 Program Pemberdayaan Masyarakat, Program Hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS), Program Hibah General Education (PHGE) dan BKKBN. Selain itu juga terdapat 38 judul penelitian Lektor Kepala dan 42 judul pengabdian yang akan dibiayai oleh Universitas Muhammadiyah Bengulu.

Pelatihan, Pembuatan road map penelitian dosen, prodi, dan universitas semakin intens dilaksanakan dalam rangka meningkatkan produktifitas riset dan publikasi bagi dosen sebagai tugas utama, yakni melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian tidak terpisahkan dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

UMB Sukses Menjadi Tuan Rumah Perhelatan Nasional

Sakroni memaparkan lebih lanjut, Pada tanggal 15-17 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Bengkulu telah sukses sebagai tuan rumah perhelatan Nasional dan Sidang Tertinggi kedua di Persyarikatan Muhammadiyah, yakni Sidang Tanwir Muhammadiyah yang menghadirkan peserta dari sabang sampai merauke hadir dan bersidang di Bengkulu. Kesuksesan ini juga terlihat ketika Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat menghadirkan RI.1 dan RI.2 sekaligus pada sidang Tanwir 2019 di Provinsi Bengkulu.

Bantuan CSR BUMN (PLN) Sebesar 1,2 Miliyar Untuk UMB
Sakroni juga menyampaikan, Pada awal bulan April 2019 yang lalu, Alhamdulillah Universitas Muhammadiyah mendapatkan bantuan CSR BUMN dalam hal ini PLN dengan jumlah Bantuan sebesar 1,2 Milyar Rupiah dan Beasiswa bagi mahasiswa UMB sebesar 100 juta. Ini adalah bukti kepercayaan Pemerintah Pusat dalam hal ini BUMN – PLN kepada UMB untuk mengelola dana CSR tersebut agar dapat dipergunakan sebesar-besarnya untuk peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu.

Dalam hal ini kami dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu ucapkan terima kasih kepada BUMN PLN atas CSR tersebut, dan insyaAllah dana tersebut akan kami pergunakan dengan se-amanah mungkin. katanya

Persiapan Menjadi Tuan Rumah KKN Muhammadiyah untuk Negeri
Universitas Muhammadiyah Bengkulu sedang mempersipkan diri sebagai tuan Rumah KKN Muhammadiyah Untuk Negeri pada tanggal 29 Juli 11 September 2019 lebih kurang 40 hari, yang diperkirakan akan diikuti oleh 900 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia.

Untuk itu, demi sukses dan lancarnya agenda nasional ini, kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Pimpinan Wilayah – Daerah – pengurus Ranting Muhammadiyah Bengkulu, pemerintah daerah baik provinsi, kota maupun kabupaten, Rekan-rekan media, Mitra Bank-bank kami, serta berbagai pihak terkait. Ujar Sakroni

Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan status saudara sekarang sebagai keluarga alumni. Artinya ikatan kita belum putus, hubungan baik juga harus terus berlanjut dan tentunya kami pun masih bersedia jika kalian membutuhkan kami baik langsung maupun tidak langsung. Semoga Allah meridloi kalian sebagai sarjana yang berguna bagi orang tua, masyarakat, dan dakwah Islam. Terakhir kami menyampaikan ucapan maaf dan selamat menyambut ramadhan dan mempersiapkan ibadah puasa. pesan Sakroni mengakhiri pidatonya. [Nurhas]