Banjir rendam rumah warga di Seluma, Sabtu (22/6/2019) 

PedomanBengkulu.com, Seluma – Hujan deras mengguyur Kabupaten Seluma sejak pagi, Sabtu (22/6/2019) mengakibatkan beberapa desa di Kabupaten Seluma terendam banjir.

Data terhimpun dari Tim pemantau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, Banjir yang sudah melanda di pemukiman terdapat di Kecamatan Semidang Alas Maras, sebanyak 4 Desa yakni, Desa Serian Bandung ketinggian air sekitar 1 meter merendam sebanyak 20 rumah warga. Desa Talang Alai merendam sebanyak 4 KK dengan ketinggian air 1 meter. Desa Muara Maras merendam sebanyak 15 KK dengan ketinggian 80 cm. Desa Talang Kemang merendam sebanyak 120 KK dengan ketinggian air rata 1 meter.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah Seluma, Arben mengatakan saat ini tim masih melakukan pemantauan dilokasi yang terdampak banjir. Banjir ini tidak ada menelan korban, hanya saja akibat di Desa Serian Bandung terdapat ternak warga ada yang mati kurang lebih sebanyak 50 ekor.

“Saat ini tim gabungan dari BPDB Seluma, dibantu Basarnas Bengkulu dan Tagana masih dilapangan guna melakukan pendataan dan pemantauan di desa yang terdampak banjir. Untuk korban jiwa nihil, namun ada ternak warga yang mati,” ujar Arben kepada wartawan, Sabtu, 22 Juni 2019.

Sementara itu, banjir juga melanda dua desa di Desa Talang Kemang, Desa Jambat Akar dan Desa Rimbo Besak di Kecamatan Semidang Alas Maras, hanya saja cuman merendam jalan yang ketinggian rata-rata 1 meter.

“Tiga desa tersebut hanya berdampak pada jalan yang digenangi air. Untuk kita lakukan pemantauan desa yang terdampak pada rumah warga,” jelas Arben.

Untuk diketahui, saat ini cuaca di Kabupaten Seluma masih diguyur hujan lebat, sehingga besar kemungkinan dampak banjir masih akan meluas. Sampai berita ini di terbitkan media ini masih mencari informasi yang akurat. [YD]