PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai bagian rangkaian dari pelaksanaan Hari Ulang Tahun ke-51, BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu menggelar kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar, Kamis (20/06).

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar tercapai pengetahuan dan pemahaman yang optimal dari jajaran FKTP dan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) seputar JKN-KIS melalui kompetisi berbasis industri 4.0. Kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar ini dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten Kota yang berada di wilayah Kantor Cabang Bengkulu dan diikuti sekitar 82 peserta yang terdiri atas perwakilan Puskesmas dan peserta Prolanis.

“Dalam perjalanan Program JKN-KIS yang berjalan selama hampir 6 tahun ini, sudah beberapa kali regulasi yang dibuat oleh pemerintah dan dilakukan perubahan guna meneyempurnakan Program JKN-KIS, namun karena adanya beberapa kali perubahan regulasi akhirnya menyebabkan beberapa masyarakat tidak mengikuti tentang ketentuan regulasi terbaru, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan akan adanya penyamaan persepsi antara peserta JKN-KIS dengan BPJS kesehatan melalui program ini,” ujar Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Rinisantia Rangga.

Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Sampai dengan Bulan Juni 2019, peserta Prolanis di Kantor Cabang Bengkulu sebanyak 4.266 peserta yang tersebar di wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.

Fenny Ramadhalia, salah seorang peserta kegiatan tersebut, merasa senang dengan adanya kegiatan ini.

“Program ini sangat baik ya, karena dapat menambah wawasan dan menambah pembelajaran lagi sehingga lebih banyak tahu, saya berharap kegiatan ini pesertanya bisa ditambah sehingga yang lain bisa jadi ikut juga sehingga rekan-rekan kerja yang lain dapat menambah wawasan tentang BPJS kesehatan,” jelas Fenny.[Rls]