PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Peta politik usulan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) bergerak dinamis. Sebelumnya, ada 4 Partai Politik yang mengusung dua nama calon yaitu Muslihan DS dari Hanura dan Rusli Yakub dari NasDem. Dengan parpol pengusungnya yaitu Hanura, PKB, PKPI, dan Nasdem.

Namun Nasdem belum menandatangani diantara dua Calon Wakil Gubernur tersebut. Sebelumnya, Nasdem mengusulkan dua nama yakni Dedi Ermansyah dan Rusli Yakub. Kemudian diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat Partai (DPP) Nasdem untuk merekomendasikan siapa yang bakal di pilih oleh DPP.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati Partai NasDem Provinsi Bengkulu, Anarulita Muchtar menyampaikan DPP Nasdem telah memutus Dedi Ermansyah sebagai calon wakil Gubernur Bengkulu, untuk mendampingi Rohidin Mersyah.

“DPP merekomendasikan satu nama yaitu Dedi Ermansyah sebagai Cawagubnya,” kata Anarulita Muchtar.

Disisi lain, sejumlah analis politik meyakini Rohidin Mersyah akan memilih Cawagub dari Rejang yang dapat mendongkrak elektabilitasnya dalam Pemilihan Gubernur 2020, namun bukan sosok yang akan menjadi kompetitornya dalam perhelatan tersebut.

Nama Leni Haryati John Latief menjadi satu-satunya tokoh Rejang alternatif yang diyakini memiliki kualitas dan kapasitas untuk membantu Gubernur Rohidin Mersyah melaksanakan roda Pemerintahan dengan baik serta mampu mengakselerasikan pembangunan ekonomi di Bengkulu, hal tersebut disampaikan langsung oleh ketua Bidang Organisasi DPW PKB Provinsi Bengkulu Suroto.

“Sejak awal PKB memang mengusulkan beliau (Leni Haryati John Latief, red),” kata Suroto.

Akhir akhir ini, justru muncul nama baru yang bakal mendampingi Rohidin Mersyah, selaku Gubernur Bengkulu. Yakni Erna Sari Dewi dan Michael Putra Ferly, hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Bapilu Partai Nasdem, Tantawi Dali.

“Banyak kader lain seperti Erna Sari Dewi dan Michael Putra Ferly yang layak jadi Calon Wakil Gubernur, tapi lebih cenderung ke Dedy Hermansyah,” kata Tantawi Dali, Minggu (23/6/2019).

Lalu siapakah yang layak menjadi Wakil Gubernur Bengkulu? Antara Dedi Hermansyah, Rusli Yakub, Leni Haryati John Latief, Erna Sari Dewi, dan Michael Putra Ferly.

Terpisah sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, mengatakan untuk Pemilihan Calon Wakil Gubernur sama sekali tidak mempermasalahkan siapakah yang bakal di sepakati oleh parpol pengusung untuk diserahkan ke DPRD Provinsi dan segera di tindak lanjuti.

“Saat ini belum ada. Kalau sudah ada tinggal saya teruskan ke DPRD Provinsi,” kata Rohidin. [Medi Muamar]