Ilustrasi Kantor DPRD Provinsi Bengkulu. Foto Istimewa.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu bakal mempersiapkan Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas teknis pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua (Waka) III DPRD Provinsi Bengkulu, Elfi Hamidi, untuk memilih calon wakil Gubernur memang harus dibentuk panitia khusus. Sebab, Panitia Khusus ini yang nantinya bertugas menyusun tata tertib (Tatib) untuk mencari formulasi teknis pemilihan wagub.

“Kita akan bentuk Pansus yang nantinya bertugas menyusun tata tertib untuk mencari formulasi teknis pemilihan wagub,” kata Elfi Hamidi, Senin (3/6/2019).

“Sehingga ketika dilakukan pemilihan nantinya tidak melanggar aturan,” lanjutnya.

Diketahui, anggota Pansus ini bakal terdiri dari beberapa fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasdem, Fraksi Keadilan Pembangunnan dan Fraksi Kebangkitan Nurani.

Untuk mencari formulasi tatib pemilihan sendiri, Pansus akan melakukan studi banding ke daerah daerah. Tidak menutup kemungkinan juga akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Bisa saja dilakukan. Bisa kita ke Riau atau ke Jakarta melihat prosesnya pemilihan wagub disana seperti apa. Karena aturan sekarang itu berbeda dengan dulu, dua nama diserahkan ke DPRD untuk dipilih satu,” terang Elfi.

Elfi juga berkata, untuk menyelesaikan tatip Pansus, kemungkinan akan membutuh waktu sekitar dua minggu. Setelah semua sudah siap, barulah akan melakukan pemilihan lewat sidang Paripurna terbuka.

“Kemungkinan membutuhkan waktu dua minggu untuk menyelesaikan pansus ini,” kata Elfi.

“Biasanya voting, harus setengah plus satu suara yang didapatkan. Tapi kita lihat nanti dalam persidangan, kalau memungkinkan dilakukan masyawarah,” tegasnya. [Medi Muamar]