Kepala Dinas Perhubungan Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Rejang Lebong untuk memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir kendaraan yang ada di Rejang Lebong.

Terbaru, Dishub Rejang Lebong diketahui tengah melakukan pengkajian terhadap 4 (empat) titik lokasi pemungutan retribusi parkir baru yang dinilai sangat potensial untuk peningkatan perolehan PAD.

“Empat titik parkir baru yang saat ini tengah dilakukan pengkajian yaitu titik lokasi parkir di areal Pasar Kuliner Setia Negara, tepi jalan depan Polres Rejang Lebong Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup, tepi jalan Sekowati depan Albaik Chiken dan tepi jalan depan komplek Lapas Kelas II A Curup yang berada di Kelurahan Adirejo Kecamatan Curup,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah, Selasa (11/6).

Dilanjutkan Gunawan, ke empat titik lokasi baru tersebut diprediksi akan mampu meningkatkan perolehan PAD dari sektor retribusi parkir kendaraan. Hal ini mengingat ke empat lokasi tersebut merupakan pusat keramaian aktifitas Masyarakat Rejang Lebong. “Tahapan pengkajian sedang kita laksanakan. Jika hasil pengkajian disimpulkan ke empat lokasi tersebut layak untuk dijadikan titik pemungutan retribusi parkir, maka akan segera dilakukan tahapan tahapan berikutnya. Salah satunya yaitu melakukan uji petik untuk menentukan target pencapaian PAD dari lokasi lokasi itu, ” ujar Gunawan.

Ditambahkan Gunawan, selain sedang mengkaji lokasi lokasi parkir baru yang potensial memperbesar PAD Rejang Lebong, pada tahun anggaran 2019 ini pihaknya juga melakukan uji petik ulang terhadap sejumlah titik lokasi retribusi parkir yang telah ada. Diantaranya, lokasi parkir tepi jalan umum Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup, lokasi parkir RSUD curup dan lokasi parkir di Pasar tengah Curup.

“Uji petik target perolehan retribusi parkir ini akan dilakukan di 34 titik lokasi parkir yang telah kita kelola secara bertahap. Untuk tahap pertama ini, uji petik akan dilaksanakan di tiga lokasi pertama, yaitu tepi jalan air rambai, RSUD Curup dan Pasar Tengah. Dari hasil uji petik itu nanti, kita bisa segera menetapkan target baru pencapaian retribusi parkir di ketiga lokasi itu. Saya yakin, dengan sejumlah upaya yang kami lakukan ini, perolehan retribusi parkir akan lebih maksimal,” ujar Gunawan. (Ifan Salianto)