Sidang Putusan tiga Oknum PPK Ulu Talo di PN Tais

PedomanBengkulu.com, Seluma – Setelah Pengadilan Negeri (PN) Tais menjatuhkan Vonis selama 6 Bulan kurungan, denda 5 juta dengan subsidier 1 bulan kurungan. Ternyata tidak diterimah oleh ketiga terdakwa PPK Ulu Talo yakni Azis Nugroho (24), Arizon (43) dan Andi Lala (36) dan menyatakan mengajukan banding.

“Ketiga terdakwa sudah mengambil sikap dan menyatakan banding atas putusan Majelis hakim senin lalu dan materi banding juga sudah di persiapkan,” kata Ketua Pengadilan Negeri Seluma, Erwindu SH MH melalui Ketua Panitra Pengganti, Sundoyo SH MH kepada Wartawan, Kamis 27 Juni 2019.

Pengajuan Banding tiga terdakwa ini sudah disampaikan ke PN Tais. Saat ini terdakwak masih mempersiapkan materi banding, dengan batas waktu ditetapkan selama 3 hari oleh PN Tais.

“Batasan waktu adalah tiga hari setelah menyatakan sikap untuk banding materi juga kita tunggu,” ujar Panitra.

Menanggapi hal tersebut, Humas Kejari Seluma, Citra Apriadi membenarkan dengan pernyataan terdakwa yang mengajukan banding terhadap putusan PN Seluma. Namun dengan bandingnya terdakwa ini, maka Jaksa penuntut Umum(JPU) juga akan menempuh jalur hal serupa untuk banding.

“Jaksa Penuntut juga akan menyatakan banding atas putusan tersebut. Dimana saat ini jaksa penuntut juga tengah mempersiapkan materi bandingnya,” tegas Citra.

Sebelumnya, Tiga PPK Ulu Talo divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Tais selama 6 Bulan Kurungan Penjara, denda 5 juta dengan subsidier 1 bulan kurungan. Vonis ini lebih tinggi dari tuntutan JPU Kejari Seluma selama 3 bulan penjara, denda 1 juta dan subsidier 1 bulan kurungan.

Pantauan media ini dilapangan, didalam persidangan hasil putusan tersebut hakim memberikan waktu tiga hari untuk mengajukan banding. Serta atas putusan tersebut ketiga terdakwa masih memilih untuk pikir-pikir guna untuk mengajukan banding atas putusan yang diberikan oleh Majelis Hakim.

“Vonis ini jauh lebih berat, karena sebelumnya dalam sidang pembacaan tuntutan oleh JPU, ketiga terdakwa hanya dituntut 3 bulan penjara dan denda Rp 1 Juta subsider 1 bulan kurungan. Perbedaan dalam putusan itu biasa dan tidak ada permasalahan,” kata Humas Kejari Seluma, Citra Apriyadi, kepada wartawan, Senin 24 Juni 2019 lalu.

Atas putusan tersebut majelis hakim memberikan waktu 3 hari kepada terdakwa PPK Ulu Talo untuk mengajukan banding. Untuk saat ini ketiganya masih pikir-pikir guna untuk mengajukan banding.

“Ketiga terdakwa masih akan pikir-pikir guna mengajukan banding. Seperti disampaikan majelis hakim selama tiga hari, maka secepat mungkin akan kami sampaikan,” ujar Citra. [YD]