PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Partai Politik pengusung telah menyepakati dua usulan nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan disampaikan ke Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Dua nama Cawagub tersebut yakni Muslihan DS dan Dedi Ermansyah. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, Kamis (27/6/2019).

Usin mengatakan dua nama Cawagub tersebut saat ini tinggal menunggu ditandatangani oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat. Sebelumnya tiga Parpol pengusung dari Hanura, PKB dan PKPI sudah menyetujui dan diteken oleh DPP masing-masing.

“Setelah ditandatangani oleh DPP Nasdem, kita akan langsung menyerahkan kepada Gubernur untuk diteruskan ke lembaga DPRD Provinsi, guna dilakukan pemilihannya,” kata Usin.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Bengkulu Herliardo, membenarkan soal kesepakatan dua nama Cawagub tersebut. Untuk lebih jelas informasinya, Herliando mengatakan bertanya langsung kepada Muslihan DS.

“Untuk jelasnya informa si tersebut silakan tanya kepada Muslihan DS,” jelasnya.

Sementara Muslihan DS juga membenarkan soal kesepakatan tersebut. Muslihan mengatakan SK belum diturunkan sebab masih menunggu persetujuan DPP masing masing.

“Kita ini masih menunggu keputusan DPP, mudah-mudahan dipercepat,” kata Muslihan.

Diketahui sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu setelah mendapatkan dua nama Cawagub bakal mempersiapkan Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas teknis pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua (Waka) III DPRD Provinsi Bengkulu, Elfi Hamidi, untuk memilih calon wakil Gubernur memang harus dibentuk panitia khusus. Sebab, Panitia Khusus ini yang nantinya bertugas menyusun tata tertib (Tatib) untuk mencari formulasi teknis pemilihan wagub.

“Kita akan bentuk Pansus yang nantinya bertugas menyusun tata tertib untuk mencari formulasi teknis pemilihan wagub,” kata Elfi Hamidi.

Anggota Pansus ini bakal terdiri dari beberapa fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasdem, Fraksi Keadilan Pembangunan dan Fraksi Kebangkitan Nurani.

Untuk mencari formulasi tatib pemilihan sendiri, Pansus akan melakukan studi banding ke daerah daerah. Tidak menutup kemungkinan juga akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).[Medi Muammar]