Peringatan hari lahir Pancasila di depan Masjid Cut Mutia Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

PedomanBengkulu.com, Jakarta – Sambil menunggu waktu berbuka puasa, sejumlah organisasi yang mengatasnamakan Millenial Lintas Rumah Ibadah mengadakan agenda peringatan hari lahir Pancasila di depan Masjid Cut Mutia Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Dalam agenda tersebut, Sekretaris Jenderal Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Muh. Asrul menyampaikan, Pancasila sebagai ideologi Negara dan dasar Negara harus terus dikukuhkan oleh mereka yang muda.

Saat ini, kata dia, jumlah anak Milenial sekitar 81,27 juta jiwa (34,48 %) dan Generasi Z dengan jumlahnya 68,02 juta jiwa (28,86 %) merupakab aset terbesar bagi Indonesia.

“Pancasila sebagai ideologi Negara harus dikukuhkan oleh mereka yang muda dan jumlah anak muda saat besar jumlahnya, itu menjadi asset bagi Indonesia” kata Asrul.

Lanjut Asrul, Potensi besar ini yang harus disemai agar tak terkoyak oleh dinamika apapun yang sedang menjumpai bangsa dan Negara ini. Oleh sebab itu, kami dari Milenial Lintas Rumah Ibadah berkomitmen untuk menjaga Pancasila mulai dari rumah Ibadah.

“Kami mengatasnakan Milenial Lintas Rumah Ibadah berkomitmen menjaga Pancasila mulai dari rumah Ibadah, agar tak terkoyak dengan dinamika apapun yang menjumpai bangsa dan Negara ini,” lanjut Asrul.

Adapun point penting yang di serukan oleh Milenial Lintas Rumah Ibadah yaitu:

1. Menyerukan sikap menjaga dan meneladani Pancasila sebagai titik temu semua agama yang cinta Tuhan dan ciptaan-Nya dengan mendorong adanya semangat persatuan lintas keagamaan sebagai implementasi praktis dari nilai-nilai pancasila ditengah polarisasi rakyat hari ini.

2. Menyerukan kolaborasi antar ummat beragama dalam menegakkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

3. Menyerukan sikap saling toleran dan saling menghargai antar umat beragama.

4. Melawan segala bentuk persemaian radikalisme di rumah ibadah.

5. Mengajak untuk memusatkan usaha pemberdayaan yang partisipatif di rumah ibadah masing-masing.

Adapun yang tergabung didalam Milenial Lintas Rumah Ibadah yaitu Pemuda millenial Dewan Mesjid, Pemuda Millenial Budhis, Pemuda Millenial Hindu, Pemuda Milenial katolik, Pemuda Milennial Gereja, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi. [Medi Muamar/Rilis]