PedomanBengkulu.com, Bengkulu – untuk menindaklanjuti penetapan lokasi pembangunan Tol Bengkulu – Lubuk Linggau, Gubernur adakan rapat koordinasi tahap I di Ruang Gubernur, Kamis (13/6/2019).

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh unsur pemerintah, PT Hutama Karya (HK), dan perusahaan yang lokasinya dilalui oleh Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, antara lain PT Perkebunan Nusantara VII, Agri Andalas, juga PT Pusat Logistik Berat (PLB) yang salah satu Sutetnya dilalui oleh trase jalan Tol.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dibutuhkan sinerginitas antara masyarakat dan dan perusahaan. Untuk menyamakan persepsi bahwa Bengkulu siap mendukung realisasi Program Strategis Nasional.

“Jalan Tol ini bukan hanya untuk Bengkulu saja tapi pada efek Ekonomi di Sumatra, kita punya semangat yang sama, agar pengerjaan bisa on Schedule,” tekan Rohidin.

Tak ingin berlama lama ambil kesepakatan, Rohidin memberikan penjelasan kepada PT PLB terkait pemindahan yang dilalui Sutet yang diyakini akan mengganggu proyek Pat PT PLB yang juga merupakan PSN dalam bidang energi.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga menyatakan akan mengeluarkan surat penetapan lokasi (penlok) terkait proyek jalan tol kota Bengkulu-Taba Penanjung Bengkulu Tengah.

Surat keputusan tersebut bisa dikeluarkan dengan waktu yang tidak lama karena kerja keras tim persiapan pengadaan lahan.

Menurut Rohidin, perlu adanya kesinambungannitas antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemerintah Kabuten Benteng. Setelah itu SK Penlok dikeluarkan selanjutnya pembebasan lahan oleh tim dan dilanjutkan dengan pembangunan fisik jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau trase pertama.

Diketahui, berdasarkan dokumen perencanaan pembangunan jalan tol Bengkulu diawali dengan trase Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 km. Simpang Bentungan Kota Bengkulu ke Taba Penanjung kabupaten Benteng membutuhkan luas sekitar 270,98 hektare area. Dengan melalui 1 kota 1 kabupaten 5 kecamatan 6 desa dan 1 kelurahan.

Jalan yang dilewati jalan tol ini adalah kelurahan Bentungan kecamatan Sawah Lebar kota Bengkulu dan selanjutnya kecamatan yang berada di kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Di Benteng terdiri dari kecamatan Talang Empat dengan desa Sekabul, Padang Ulak Tanjung, dan Jumat. Kemudian kecamatan Karang Tinggi dengan desa yang dilalui Sukarami dan kecamatan Semidang Lagan yaitu dengan Desa Lagan. [Medi Muamar]