PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Menjadi pengendara motor harus memiliki sikap yang disiplin dengan mengikuti serta mematuhi peraturan yang ada. Setiap pengendara yang pasti menginginkan perjalanan yang mudah, cepat, dan aman.

Menurut Noval Yunaidi selaku Instructor Safety Riding Astra Motor Bengku, ada beberapa panduan yang dapat dijadikan rujukan dalam mengendarai motor agar perjalan menjadi mudah, cepat, dan aman.

Periksa Sepeda Motor

Hal yang perlu diperiksa mulai dari roda. Pastikan tekanan ban normal, kedalaman alur ban minimal 2 mm. Hal ini perlu diperhatikan karena ban yang alurnya sudah tipis mudah selip saat melintasi jalan basah.

“Sebaiknya pemeriksaan di waktu luang, sehingga ketika mau mengendarai sudah siap pakai,” kata Noval.

Sedangkan untuk rem, pastikan dalam kondisi baik. Periksa kondisi sekitar master rem atau kaliper rem, pastikan tidak ada kebocoran oli rem. Pastikan lampu dan klakson menyala normal.

Sedangkan untuk kondisi mesin pastikan mesin normal dalan kondisi stasioner rata atau langsa. Dalam kata lain mesin tetap menyala tanpa ditarik gas. Terakhir pastikan bahan bakar terisi cukup.

Kesiapan Pengendara

Pastikan kondisi fisik sehat, surat-surat seperti SIM dan STNK lengkap dan sah. Simpan surat surat tersebut di tempat khusus agar tidak tertinggal. Gunakan jaket warga cerah agar mudah terlihat dan pakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian, pastikan ada jas hujan di bagasi motor sebagai antisipasi ketika hujan turun. Ketika hujan turun, hendak menempi dengan me nyalakan lampu sign dan periksa kondisi jalan terlebih dahulu ketika hendak menepi. Saat hendak berangkat pastikan memiliki rentang waktu yang cukup sehingga terhindar dari perasaan tergesa-gesa.

Gunakan lajur kiri untuk pemotor, ingat! Lajur kanan hanya untuk mendahului. Sebelum mendahului, gunakan kaca spion untuk memastikan kondisi belakang aman. Kenali jalur berbahaya dan kondisi jalan. Simpan ponsel dan earphone di tas. Jangan mendengarkan musik atau menerima telepon saat berkendara.[Medi Muammar]