IST/Sultan B Najamudin mencium jenazah almarhumah Nuraini binti Sutan Yakub Baktiar yang telah menghembuskan nafas terakhir pada dini hari Jumat (7/6/2019) di RSCM Jakarta.

PedomanBengkulu.com, Jakarta – Keluarga Besar mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin berduka dengan kepergian ibunda Nuraini binti Sutan Yakub Baktiar dini hari Jumat (7/6/2019) di RSCM Jakarta.

Informasi ini disiarkan langsung oleh adik kandung Agusrin, Sultan B Najamudin melalui akun Facebooknya.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggalnya ibunda tercinta kami NURAINI binti SUTAN YAKUB BAKTIAR,” tulisnya.

Lihat juga : Agusrin: Saya Titip Sultan dan Lia Kepada Masyarakat Bengkulu

Ia berharap kepada setiap yang mengenal ibunya ataupun tidak dapat kiranya untuk dapat memaafkan segala kesalahan almarhumah, serta sudi dan ikhlas mendoakan almarhumah.

Saya mewakili keluarga besar NAJAMUDIN mengucapkan terimakasih,” singkatnya.

Nuraini merupakan istri dari Najamudin awalnya merupakan petani sederhana, namun memiliki garis keturunan Sutan Yakoeb Bachtiar salah seorang pendiri Bengkulu.

Sejarah mencatat Sutan Yakoeb Bachtiar adalah Ketua Presidium pendirian Provinsi Bengkulu saat berpisah dengan Sumatera Selatan.

Dalam hidupnya, almarhumah Nuraini memiliki peran besar dalam menunjang kesuksesan anak-anaknya hingga Agusrin M Najamudin menjadi Gubernur Bengkulu.

Dalam menjalankan amanah, Agusrin dikenal sebagai sosok yang fenomenal sekaligus kontroversial.

Pembagian ribuan handtractor untuk petani dan Pantai Panjang Bengkulu merupakan dua kebijakan Agusrin yang sangat dikenal sebelum akhirnya terbelit masalah hukum.

Sementara Sultan B Najamudin sendiri merupakan mantan Wakil Gubernur Bengkulu dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Sultan tercatat pernah menjadi anggota DPD termuda pada tahun 2009, lalu pada 2013 Sultan terpilih menjadi Wakil Gubernur oleh DPRD Provinsi Bengkulu hingga tahun 2015.

Merasa perlu memiliki kewenangan yang lebih besar, Sultan berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur 2015 sebagai calon gubernur berpasangan dengan Mujiono untuk bersaing dengan Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah namun kalah.

Baca juga : Ini Caleg DPD RI Terpilih

Dalam Pemilihan Umum 2019, Sultan B Najamudin kembali diberikan amanah oleh warga Bengkulu untuk menjadi anggota DPD RI dengan perolehan suara terbanyak dari 11 kandidat yang ada. [Medi Muamar]