Pemateri dan peserta berfoto bersama usai kuliah umum di aula lantai 6 kampus IV UMB, Selasa (25/6/2019).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar menggelar kuliah umum dengan tema “Peran dan fungsi lembaga penjamin simpanan dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia”, di aula lantai 6 kampus IV UMB, Selasa (25/6/2019).

Wakil Rektor III UMB, Dr Susiyanto M.Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang peran dan fungsi lembaga penjamin simpanan.

“Bertujuan agar kita mengetahui apa itu peran serta fungsi dari lembaga penjamin simpanan dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia,” kata Susiyanto.

Kemudian, kuliah umum ini diisi oleh Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Stabilitas, Fauzi Ichsan. Fauzi Ichsan menerangkan bahwa industri perbankan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Krisis pada 1997-1998 telah memberi pelajaran yang berharga bahwa kepercayaan masyarakat dan stabilitas sistem perbankan itu sangat mahal harganya.

“Berawal dari penutupan 16 bank umum, krisis menimbulkan keraguan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap keamanan menempatkan dananya pada sistem perbankan,” kata Fauzi Ichsan.

Lanjut Fauzi Ichan, ketidakpercayaan tersebut kemudian mendorong masyarakat untuk menarik simpanannya secara besar-besaran dari sistem perbankan

“Ketidakpercayaan ini mendorong masyarakat untuk menarik simpanannya,” lanjut Fauzi Ichan.

Fauzi Ichsan mengatakan funsi LPS adalah untuk menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

“Fungsi penjaminan diejawantahkan dengan melakukan pembayaran klaim penjaminan atas simpanan nasabah bank yang dicabut izinnya dan menunjuk tim likuidasi untuk membereskan aset dan kewajiban bank tersebut,” kata Fauzi Ichan

“Sedangkan fungsi turut aktif memelihara stabilitas sistem perbankan diwujudkan dalam bentuk upaya menyelamatkan atau penyehatan terhadap bank gagal yang tidak berdampak sistemik maupun bank gagal yang terdampak sistemi,” tutur Fauzi Ichsan.

Selain itu, kuliah umum ini juga mendapatkan ada doorprize yang di undi berdasarkan nomor perseta yang hadir. Doorprize itu berupa Handphone Oppo A32s, Printer, flasdist dan lain sebagainya. [Medi Muamar]

Para peserta tampak antusias mengikuti kuliah umum
Kuliah umum berlangsung dengan khidmat