Ketua KPU Seluma, Sarjan Effendi SE bersama wartawan.

PedomanBengkulu, Seluma – Partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April 2019 di Kabupaten Seluma meningkat mencapai 87,78 persen dari jumlah pemilih 137 ribu lebih.

”Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak ini cukup membanggakan kita, semoga pada pemilu Pilkada ke depan bisa mencapai 100 persen,” kata Ketua KPU Seluma, Sarjan Effendi SE kepada wartawan.

Menurut Sarjan, Partisipasi masyarakat ini meningkat dibandingkan pada pemilu 2010 dan 2014. Sedangkan di tahun 2019 ini sudah mencapai 87.78 persen, tinggal menyisakan 12 persen saja.

”Tahun ini hasilnya diluar dugaan kami, partisipasi masyarakat mencapai 87 persen,” ujar Sarjan.

Dijelaskannya, Diperkirkan 12 persen yang belum menggunakan hak pilihnya pada pemilu pileg lalu. Merupakan pemilih lansia. Sehingga ke depan pihaknya akan melakukan sosialisasi terhadap pemilih lansia.

“Kita berharap partisipasi pada pemilu pilkada yang akan datang Pemilih kita bisa lebih tinggi dari saat ini,” jelas Sarjan.

Ditambahkannya, keberhasilan dan meningkatnya partisipasi pemilih ini tidak luput dari support dan kerjasama dengan para awak media yang selama tahapan sosialisasi saling membantu kinerja KPU. [YD]