PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Akhir-akhir ini, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Bengkulu gencar mempromosikan kepariwisataan untuk dapat di kenal dari kancah nasional hingga internasional.

Untuk memperindah kepariwisataan tersebut Gubernur Rohidin Meryah bersama Balai Prasana Pemukiman Wilayah Bengkulu Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PURR melakukan ekspose pembangunan dan penataan pada kawasan wisata Pantai Panjang.

“Insya allah, taman akan dibangun sepanjang 250 meter dari titik nol Pasir Putih,” Kata Rohidin, Kamis (13/6/2019).

Rohidin menekankan, dalam pembangunan harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan mengoptimalkan fungsi bangunan yang akan di bangun tersebet.

“Kita mengedepankan kelestarian lingkungan dan mengoptimalkan fungsi bangunan untuk pengembangan pariwisata,” lanjut Rohidin.

Dalam pembanguan tersebut, Rohidin Mersyah mengatakan Pemerintah Provinsi Bengkulu akan bersinergi dengan pemerintah kota bengkulu dan membutuhkan dukungan dari masyarakat serta pelaku ekonomi di kawasan tersebut.

“Kita membutuhkan dukungan dari warga provinsi Bengkulu serta pelaku ekonomi kawasan Pantai Panjang untuk di tata dan di bangun,” kata Rohidin.

Selain pembangunan fisik, Pemerintah Provinsi juga akan menyusun program pemberdayaan, agar pelaku usaha di kawasan Pantai Panjang, ada standarisasi kemampuan dalam melayani wisatawan.

“Kita akan susun program pemberdayaan buat para pelaku ekonomi pada kawasan Pantai Panjang agar ada standarisasi kemampuan dalam melayani wisatawan nanti,” imbuh Rohidin.

Diketahui, anggaran penataan dan pembangunan tersebut sebesar Rp 10,1 miliar yang bersumber pada APBN Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Sebagai tahap awal, pembangunan tersebut dengan penargetan waktu pengerjaan selama 6 bulan.

Infonya, pada kawasan Pantai panjang tersebut akan di bangun gazebo, taman, menara pandang, dan kios pedagang.

Dengan panjangnya yang mencapai 7 kilometer, Pantai Panjang memiliki pesona yang indah pasir putih yang luas, ombak pantai yang indah dan pohon cemara menghiasinya. Tempat yang paling menawan untuk mengisi liburan.

Sejumlah fasilitas ada di Pantai Panjang. Mulai dari jogging track, tempat bersepeda, lapangan volly hingga basket. Ombak di pantai ini cocok juga untuk surfing. Banyak orang yang berkunjung mengatakan, Pantai Panjang jauh lebih indah dari pantai-pantai lainnya di Indonesia, bahkan daripada Bali.

Butiran pasir putih yang membentang sepanjang pantai dapat dinikmati dengan kuda delman yang tarifnya terjangkau. Di sepanjang bibir pantai terdapat area parkir yang luas, hotel, restoran, kolam renang, cottage, minimarket, caffe, dan sebagainya.

Makanan khas seperti ikan pais juga ada. Menu favorit masyarakat setempat adalah jagung bakar dan kelapa muda. Menu yang paling sering dicari adalah bakso dan mie ayam terbanyak di banyak titik strategis di Pantai Panjang. Sebuah plakat bertuliskan Pantai Panjang menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk berselfie ria.

Di malam hari, Sport Center Pantai Panjang sering menjadi panggung konser artis ternama. Sebuah sepeda rakitan berhiaskan lampu warna-warni dengan beragam bentuk seperti bebek cocok buat menghabiskan malam di Pantai Panjang.

Tak kalah dari Pantai Panjang, ada juga Pantai Teluk Sepang, Pantai Bajak, Pantai Zakat, Tapak Padri dan masih banyak pantai-pantai lain di Bengkulu. Semuanya menyajikan pasir putih, kesejukan, kerindangan pohon cemara dan pinus, serta deru ombak Samudera Hindia yang cukup besar untuk berselancar. [Medi Muamar]

Berikut beberapa gambar rancangan pembangunan kawasan Pasir Putih tersebut: