PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Kehadiran negara kian terasa nyata dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Hal ini juga dinikmati oleh Bambang (34), seorang peserta JKN-KIS yang tergabung dalam kategori peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan negara melalui APBN. Bambang yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini mengaku bersyukur sekali bisa didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS.

“Kemarin Kepala Desa datang mengantarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini. Katanya bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu bisa digunakan untuk berobat. Awalnya saya nggak percaya, ternyata benar. KIS ini bermanfaat sekali. Alhamdulillah,” ujar Bambang ketika sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup, Selasa (25/06).

Bambang harus dirawat di RSUD Curup dikarenakan menurut diagnosa dokter dia mengidap sindrom nefrotik dimana keadaan ginjalnya sudah tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya sehingga diperlukan pengobatan intensif.

“Sebelumnya memang sudah beberapa kali mengeluh sakit perut, tapi diabaikan saja karena memang tidak terpikir kalau penyakitnya sudah parah. Dikira hanya sakit perut biasa saja karena masuk angin atau salah makan. Sampai seminggu kemarin merasa sakitnya luar biasa. Oleh keluarga saya langsung dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Curup. Alhamdulillah saya ditangani dengan baik. Setelah dari IGD langsung di bawa ke ruangan. Sama sekali tidak sulit prosesnya,” lanjutnya.

Dia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada negara yang sudah peduli terhadap nasibnya dan banyak masyarakat lain di luar sana yang sama membutuhkan juga seperti dirinya.

“Sudah tujuh hari dirawatnya. Sudah ingin pulang dan biar saja proses pemulihannya dilakukan di rumah saja. Terima kasih saya haturkan untuk negara, BPJS Kesehatan, dan semua peserta JKN-KIS yang sudah bahu membahu menolong saya,” ucapnya.[Rls]