PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Pada hari raya Idul Fitri 2019, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Bengkulu memberikan remisi kepada 1.472 orang narapidana se Provinsi Bengkulu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu Ilham Djaya, Senin (3/6/2019) mengatakan saat ini ada sekitar 2.836 orang penghuni Lapas yang terdiri dari 2.051 orang narapidana dan sekitar 285 orang merupakan tahanan. Dari jumlah tersebut 1.472 orang narapidana akan mendapatkan remisi pada hari raya idul fitri nanti.

“Untuk remisi kita telah siapkan ada 1.472 orang yang akan menerima remisi di hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ujar Ilham Djaya.

Dijelaskan Ilham Djaya, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Dirjen PAS) sekitar 964 orang mendapatkan remisi dan 508 orang tahanan masih dalam proses. Ada sekitar 952 orang narapidan mendapatkan remisi RK 1 dan 12 orang mendapatkan remisi RK 2. Selain itu, kata Ilham Djaya, pihaknya akan memperketat pengamanan untuk penghuni Lapas maupun masyarakat, dan tidak membatasi waktu, jumlah masyarakat yang akan mengunjungi keluarganya di Lapas seperti biasanya serta memberikan kelonggaran waktu kepada masyarakat dapat bertemu dengan keluarganya yang ada di Lapas.

“Dalam rangka hari raya Idul Fitri yang paling penting adalah kegiatan selain Shalat Ied dari warga binaan dan dalam rangka kunjungan yang paling rawan dan paling banyak menyita waktu baik dari petugas maupun warga binaan dan masyarakat. Selain itu, kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) harus memberikan pengamanan yang sangat baik terhadap warga binaan dan masyarakat, jangan sampai terjadi hal-hal yang mengganggu proses pembinaan. Hal tersebut termasuk kategori binaan karena kunjungan masyarakat memberikan rasa nyaman kepada teman-teman yang berada didalam,” terang Ilham Djaya.

Ditambahkan Ilham Djaya, perlu dilakukan apel, pengecekan terhadap Kepala-kepala UPT, Kepala Lapas, Kepala Rutan apakah telah melakukan sistem pengamanan yang baik dan memberikan kesempatan masyarakat untuk bertemu dengan sanak saudaranya yang berada didalam lapas. Pihaknya berharap pelaksanaan pengamanan berjalan dengan baik dan aman.[Ardiyanto]