PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Yudhi Satria menegaskan satu pejabat jajaran Pemkab Bengkulu Selatan hanya boleh memiliki satu kendaraan dinas (randis) saja.

“Satu pejabat hanya boleh satu randis. Dan itu tidak boleh tipe atau jenisnya lebih baik dari pejabat yang lebih tinggi setingkat darinya. Misalnya, randis jenis roda empat yang dimiliki pejabat eselon III ternyata jenis dan tipenya lebih baik dari pejabat eselon II yang satu tempat bertugas dengannya yang seperti itu tidak diperbolehkan,” tegas Sekda.

Sekda mengaku telah menginstruksikan kepada pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan untuk mendata randis yang dimiliki para pejabat di jajaran Pemkab Bengkulu Selatan untuk mengetahui jumlah randis yang dikuasai masing – masing.

“Harus jujur saat pendataan kalau tidak jujur dan ketahuan maka akan ditarik paksa. Lebih baik jujur daripada malu ketahuan bohong saat pendataan. Pun itu punya lebih harus dengan alasan yang tepat dan berizin,” tegas Sekda.

Sekda juga mengimbau mantan pejabat dan seluruh pihak yang tidak selataknya lagi memiliki atau menguasai randis segera mengembalikan randis kepada pihak Pemkab Bengkulu Selatan.

“Cara persuasif atau pendekatan dengan baik – baik sudah dilakukan. Tidak menutup kemungkinan akan melibatkan pihak aparat penegak hukum untuk menyita randis dari mantan pejabat atau oknum yang berniat menguasai randis. Lebih baik serahkan baik – baik dulu. Jika memang menginginkan randis itu nanti bisa ikut lelang randis,” pungkas Sekda. [Apdian Utama/Rilis]