PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Seperti diketahui bersama, saat ini Kodim 0407 Kota Bengkulu sedang melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 yang dipusatkan di Kelurahan RT 16 Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Program ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah yang pembukaannya dilaksanakan pada 11 Juli 2019 di Lapangan RT 16 Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu dan 150 personil yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD melakukan Gladi Bersih persiapan pembukaan TMMD tersebut, Selasa (9/7/2019).

Camat Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Rosminiati saat berkunjung dalam Gladi Bersih tersebut sangat mengapresiasi dengan adanya TMMD ini. Dia mengungkapkan dibukanya jalan baru serta pembangunan jembatan penghubung  yang sudah berlangsung sejak 1 juli akan memudahkan warga untuk bermobilisasi.

Pihaknya juga siap mendukung penuh kegiatan TMMD. Menurutnya, progam ini tidak semua desa bisa mendapatkannya maka dari itu ia meminta kepada warga agar bersinergi bersama TNI didalam TMMD karena dampak kedepannya akan sangat positif dan bermanfaat.

“Program ini nantinya akan sangat membantu meningkatan taraf hidup masyarakat. Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini. Kami akan memberikan bantuan atau apapun yang bisa kami lakukan untuk membantu membangun desa melalui TMMD,” jelas Rosminiati.

Sementara, Komandan Kodim 0407 Bengkulu, Letkol Arm Yose Rizal mengatakan, gladi bersih yang dilaksanakan para prajurit Satgas TMMD tersebut untuk mengecek kesiapan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam upacara pembukaan TMMD ke 105 Kodim 0407 Bengkulu nanti dan personil yang diturunkan sebanyak 150 orang.

“Persiapan dan kesiapan baik itu personil, lokasi, dan lainnya adalah yang utama dan diharapkan nanti semuanya akan berjalan dengan baik,” terang Yose.

Diketahui, sebelum masukknya program TMMD tersebut, 60 Kepala Keluarga yang menghuni RT 16 Kelurahan Padang Serai sangat kesulitan untuk keluar karena harus memutar karena tidak adanya akses penghubung ke RT 19 Kelurahan Sumber Jaya.

Program TMMD ke 105 Kodim 0407 Bengkulu selain adanya pembangunan fisik seperti pembangunan jembatan 7x 4 meter, pembukaan jalan baru sepanjang 1,3 kilo meter dan perehapan 2 rumah ibadah juga akan ada pembangunan non fisik seperti memberikan pengetahuan bagaimana berkehidupan bersosialisasi yang baik, bagaimana menjadi warga negara yang baik dan bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme yang akan disampaikan melalui penyuluhan-penyuluhan ke masyarakat. [Anto]