PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Tanggal 1 Juli merupakan hari istimewa bagi Kepolisian Republik Indonesia. Berbagai pihak memberikan ucapan selamat memperingati usia ke-73 tahun kepada Korps Bhayangkara, tak terkecuali Anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief.

Perempuan kelahiran Bengkulu 4 Februari 1990 itu menyampaikan harapan kepada kepolisian agar senantiasa dapat terus meningkatkan perannya dalam mengabdi kepada nusa, bangsa dan negara.

“Semoga Polri dimanapun berada diberikan kekuatan untuk terus meningkatkan kinerjanya sehingga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat dapat senantiasa terjaga,” kata Riri Damayanti kepada wartawan, Senin (1/7/2019).

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI itu juga mendoakan pada usianya ke-73, Kepolisian Republik Indonesia semakin dicintai oleh masyarakat karena kesigapan dan kecakapannya dalam memberikan pengoyaman dan pelayanan.

“Kalau masyarakat tenang dalam bekerja, menjalani keseharian dengan tentram, lingkungannya kondusif, ini berkat Polri. Mudah-mudahan Polri selalu dekat di hati masyarakat,” ujar Riri Damayanti.

Menurut Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu itu, peringatan Hari Bhayangkara bukan hanya sekedar sebuah perayaan tanpa makna.

“Usia 73 itu artinya kan sudah nggak muda lagi. Sekarang Polri sudah profesional, makin lama makin terlatih dalam menjaga stabilitas keamanan. Peringatan Hari Bhayangkara sendiri bisa jadi refleksi bagaimana Polri mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsinya sehingga tantangan-tantangan ke depan dapat dihadapi dengan baik,” ungkap Riri Damayanti.

Salah satu bukti meningkatnya profesionalitas Polri, Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menambahkan, berjalannya Pemilihan Umum 2019 dengan aman dan kondusif.

“Tapi tantangan ke depan masih banyak. Pemberantasan narkoba, cybercrime, penipuan, kejahatan-kejahatan yang semakin canggih dengan jaringannya yang luas, semua menuntut sumber daya yang handal dan modern,” demikian Riri Damayanti.

Tanggal 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara setelah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946. Sebagai institusi, Polri bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Sebelum reformasi, Polri berada di bawah Panglima ABRI. Saat ini, jabatan Kapolri dipegang oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian. [Eva De]