PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Giat Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0407 Kota Bengkulu  di Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu sudah dimulai tanggal 1 juli 2019 kemarin.

Pada hari pertama TMMD diawali dengan membuka jalan penghubung dua kelurahan yakni RT 16 Kelurahan Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya. Jalan yang dibuka tersebut nantinya merupakan jalur evakuasi bencana alam yang sewaktu waktu bisa tejadi.

Ketua RT 16 Kelurahan Padang Serai Suyanto, saat di jumpai di lokasi mengatakan, TMMD tersebut sudah diharapkan masyarakat sejak 2008 lalu dan akhirnya impian masyarakat terhadap pembukaan jalur evakuasi tersebut diwujudkan melalui TMMD Kodim 0407. Ia juga mengungkapkan sasaran TMMD ini sangatlah tepat karena jalur evakuasi sangat dibutuhkan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. Dia mengatakan pembukaan jalan ini sepanjang 1,3 kilo meter dengan lebar 8 meter diharapkan pembangunannya dilanjutkan hingga pengaspalan. Sementara untuk lahan yang digunakan sudah dibebaskan sejak beberapa tahun lalu dan warga sepakat untuk digunakan termasuk warga RT 19 Kelurahan Sumber Jaya.
Selain pembukaan jalan juga akan ada perehapan dua Masjid satu di Kelurahan Sumber Jaya dan satu di Kelurahan Padang Serai yang saat ini kondisi Masjid di RT 16 Kelurahan Padang Serai masih banyak memerlukan perbaikan karena pembangunannya swadaya masyarakat. Kemudian juga akan ada pembangunan jembatan di perbatasan dua Kelurahan tersebut serta Plat Beker di titik nol.

“Saat pembukaan nanti juga ada Bazar, pengobatan gratis dan lainnya,” kata Suyanto.

Dijelaskan Suyanto, sebelum jalur evakuasi dibuka, warga kesusahan karena harus mutar jika ingin keluar dan terkadang kondisi jalan yang becek menyulitkan warga. Sedangkan untuk jumlah Kepala Keluarga di RT 16 sendiri ada 60 yang sebelumya sangat terisolir sebelum masuk program TMMD tersebut, dengan adanya TMMD ini akan lebih melancarkan warga dan mempermudah untuk keluar.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kodim 0407 Kota Bengkulu dan Pemerintah Kota Bengkulu. Kami sudah mengajukan dari tahun 2008 yang akhirnya terlaksana,” terang Suyanto.

Diketahui, untuk hari kedua tanggal 2 Juli 2019 sekira pukul 08.00 WIB Anggota Koramil 407-07/SLB bersama Warga RT 16 dipimpin Kapten Inf Sumardi membersihkan lapangan yang digunakan untuk Upacara Pembukaan TMMD ke-105 pada Tanggal 11 Juli 2019. Kemudian sekira pukul 09.30 WIB pembukaan badan jalan baru sepanjang 1,3 KM dan Lebar 8 Meter yang dilakukan di Kelurahan Padang Serai dan Kelurahan Sumber Jaya sejak kemarin menggunakan alat berat Escapator dan  Bulduser. Sampai saat ini TNI dan warga masih melaksanakan Kerja Bakti. [Anto]