PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bersama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Sosialisasi Program Pengendalian Penduduk dan Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Akselerasi Kampung KB, Selasa (2/7/2019).

Kegiatan berlangsung di Aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan. Hadir pada kesempatan tersebut Asisten II Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan Novman Ahmad Ali serta Kadis Pengnedalian Penduduk dan KB Bengkulu Selatan, Alian.

Novman Ahmad Ali menyampaikan, pembentukan Pokja ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kembali Program Kampung KB serta program pengendalian penduduk. Pokja ini nanti, sambung Novman, akan melibatkan berbagai instansi dan lintas sektoral. Selain BKKBN, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, juga akan melibatkan OPD lain seperti PUPR, Kesehatan, Dikbud, Dikpora, Bappeda, Perikanan dan lainnya.

”Termasuk BUMN dan BUMD, seperti Bank Bengkulu, Mandiri, BRI, dari Kemenag dan Pihak Kampus juga terlibat yakni STIT. Setelah terbentuk, Pokja ini akan di SK kan Bupati,” jelas Novman.

Program pengendalian penduduk ini, menurut Novman, bukan hanya menjadi tanggungjawab BKKBN dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB saja, namun merupakan tanggungjawab bersama, termasuk masyarakat dan pihak swasta.

“Sama halnya dengan Kampung KB, program kampong KB ini bukan hanya agar warga di desa itu ber KB. Tapi tujuan akhir dari KB yakni mewujudkan keluarga yang sejahtera. Artinya program ini juga untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan taraf ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” imbuh Novman.

Di Bengkulu Selatan, menurut Novman, dipilih Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang Ilir sebagai Kampung KB Percontohan oleh BKKBN. Diharapkan, Pokja yang dibentuk nanti dapat memaksmalkan dan mengoptimalkan program kampung KB di Bengkulu Selatan.

“Program Kampung KB ini telah dimulai sejak tahun 2016 lalu, kalau tidak salah, sudah ada 18 Desa Kampung KB di Bengkulu Selatan, satu Kampung KB percontohan yakni Air Sulau. Kampung-kampung KB inilah yang akan diakselerasikan, dibina secara bersama-sama oleh lintas sektoral. Dengan kata lain dikeroyok dan gotong royong mengoptimalkan program Kampung KB,” tukas Novman Ahmad Ali.

Acara sosialisasi diikuti oleh berbagai OPD, instansi vertical, BUMD, BUMN dan Perguruan Tinggi. Sebagai pembicara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan PA Bengkulu Selatan, Alian, Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Bengkulu, Agus Supardi dan Kabid P2EPD Bappeda dan Litbang Bengkulu Selatan, Suwito. [Apdian Utama]