PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Dwi Listyawardani, meresmikan Rumah Data Kependudukan (Dataku) di Kampung KB Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu (28/7).

Dalam arahannya, Deputi KBKR BKKBN Pusat ini mengatakan bahwa Rumah Data Kependudukan ini akan menjadi sumber informasi mengenai kondisi masyarakat di level mikro. Sehingga menurutnya data tersebut nantinya dapat dijadikan referensi untuk perencanaan pembangunan di daerah tersebut.

“Pada intinya ending dari program KB ini adalah terwujudnya keluarga yang berkualitas,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu, Busmar Edisyaf berharap, rumah dataku bisa membantu masyarakat dan pemerintah dalam mencapai kualitas penduduknya yang semakin baik.

“Semoga nanti dapat memberikan manfaat di dalam menyusun perencanaan, program untuk masyarakat penduduk yang ada, di Desa Sumber Agung,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, juga sebagai upaya peningkatan tata kelola data, terutama di level mikro, desa atau kampung terutama data-data terkait kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta data sektoral lainnya, sehingga data-data tersebut terintegrasi dengan sumber data lain untuk pemanfaatan dan intervensi program pembangunan.

Sebagai informasi, Rumah Dataku merupakan rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan, yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB.[Nurhas]