PedomanBengkulu.com,seluma – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Seluma bersama Kejaksaan Negeri Seluma melakukan kunjungan kepada salah satu pasien Jaminan Kesehatan Nasional  Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Tais, Kamis (18/7/2019).

Kunjungan ini dilandasi atas komitmen yang sudah ditandatangani pada bulan Mei lalu antara BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, RSUD Tais, Dinas Kesehatan dan Kejaksaan Negeri Seluma.

“Hari ini kita bersama Kejari memantau pelayanan JKN-KIS, sudah sesuai aturan yang ada apa belum. Sebelumnya kami sudah menandatangani komitmen dengan RSUD Tais,  Dinkes Seluma dan Kejaksaan Negeri Tais,” kata Kepala BPJS Cabang Seluma, Ricco Hanggara.[YD]

Adapun 8 komitmen yang sudah disepakati sebelumnya yakni:

1. RSUD Tais dan BPJS Kesehatan bersama- bersama memberikan transparansi ketersediaan kamar bagi bagi peserata JKN-KIS melalui tampilan yang mudah diakses/dalam bentuk dasbord.

2. RSUD Tais tidak membedakan pelayanan pasien peserta JKN-KIS dan pasien Umum, termasuk hal ketersedian tempat tidur.

3. RSUD Tais dan BPJS Kesehatan akan mengimplementasikan Permenkes Nomor 36 tahun 2015 tentang Pencegahan Kecurangan (fraud) dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan dalam sistem jaminan sosial nasional.

4. RSUD Tais memastikan ketersediaan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai bagi peserta JKN -KIS, dan tidak membatasi hari rawat.

5. RSUD Tais tidak membebankan biaya ke peserta JKN-KIS (iuran biaya)terkait pelayanan obat, darah, bahan medis habis pakai dan pelayanan lainnya di luar dari regulasi yang berlaku.

6. RSUD Tais akan melaksanakan program rujuk balik sesuai regulasi yang berlaku dan sesuai dengan perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan tahun 2019.

7. Kejaksaan Negeri Seluma akan selalu memantau jalannya program JKN -KIS terutama pelayanan kepada peserta JKN -KIS di Kabupaten Seluma.

8. Jika ditemukan iuran biaya yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka RSUD Tais melakukan pengembalian biaya kepada peserta JKN-KIS dan dapat melaporkan ke RSUD Seluma, BPJS Seluma dan Kejari Seluma.