PedomanBengkulu.com, Seluma – BPJS Kesehatan Seluma menggelar sosialisasi JKN -KIS, sekaligus regristrasi peserta untuk 249 CPNS Sekabupaten Seluma. Saat ini baru 80 yang sudah terdaftar di BPJS Seluma.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Seluma Ricco Hanggara mengatakan bahwa sebelumnya 30 CPNS telah mendaftarkan diri sebagai peserta ke kantor BPJS kesehatan dan 50 orang baru mendaftarkan saat dilakukan sosialisasi di aula Bappeda.

“Dari 249 CPNS, hari ini ada 50 CPNS yang melakukan registrasi langsung. Sisanya memang ada yang sudah mendaftarkan ke BPJS Kesehatan Kota Bengkulu maupun Bengkulu Selatan, nanti tinggal mereka menginfut data,” kata Ricco kepada wartawan, Senin 22 juli 2019.

Selain itu juga, secara administrasi CPNS yang sebelumnya telah terdaftar secara mandiri namun menunggak, atau ada yang sebelumnya digabung dengan suami, maka dapat dialihkan, karena untuk CPNS ini nanti dapat langsung dipotong dari gaji mereka masing-masing.

“Tujuannya agar mereka memiliki jaminan Kesehatan. Jangan sampai saat sakit mereka belum memilikk BPJS sedangkan gaji mereka sudah dipotong,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kelas kepesertaan, PNS nanti tergantung golongan, golongan I dan II hak kelas II dan golongan III dan IV hak kelas I.

“Tujuannya dilakukan sosialisasi dan registrasi CPNS ini adalah untuk secara perlahan menambah Kepesertaan. Sehingga, secara perlahan, seluruh masyarakat Kabupaten Seluma memiliki jaminan kesehatan,” jelas Ricco.

Diketahui, data sementara BPJS Kesehatan, dari jumlah penduduk Seluma per semester I 2018 sebanyak 210. 493 jiwa. Dari jumlah tersebut capaian peserta BPJS kesehatan di Kabupaten Seluma sebanyak 147.250 jiwa atau 70,2 persen. [YD]