PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebanyak 1.301 calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu mengikuti tes seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri Tahun Akademik 2019/2020.

Ketua Panitia, Dr Samsudin M.Pd, yang juga sebagai Wakil Rektor III IAIN Bengkulu, menjelaskan bahwa tes seleksi ini akan berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 23 Juli 2019 hingga 24 Juli 2019.

“Di hari pertama ini para calon mahasiswa akan mengikuti 3 jenis materi ujian, yaitu tes pengetahuan umum, tes pengetahuan agama dan potensi akademik. Sedangkan di hari kedua akan mengikuti tes wawancara dan membaca Al-Qur’an,” ujar Dr Samsudin M.Pd, Selasa (23/7/2019).

Lebih lanjut Wakil Rektor III IAIN Bengkulu ini menyampaikan bahwa peserta ujian terbagi di empat gedung yakni Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Gedung Serbaguna, Gedung Sains dan Teknologi serta Gedung Kuliah Bersama.

“Dari 1.301 pendaftar ini, nantinya yang akan diterima sebanyak 900 mahasiswa baru dan hasil kelulusan akan diumumkan dalam jangka waktu 10 hari kedepan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2019 ini IAIN Bengkulu akan menerima sebanyak 2.300 mahasiswa baru dari 4.800 pendaftar.

“Sekitar 2.300 mahasiswa baru yang akan kita terima dari total pendaftar sekitar 4.800 baik dari jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Jalur Mandiri. Dari 24 program studi yang ada di IAIN Bengkulu, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah serta Ekonomi dan Perbankan Syariah adalah program studi yang paling banyak peminatnya,” ujar Samsudin sembari mengakhiri keterangannya. [Nurhas/Adv]