PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Hingga saat ini, Pemerintah Daerah Rejang Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong diketahui sedang melakukan sejumlah persiapan untuk segera memfungsikan Rumah Susun (Rusun) yang telah selesai dibangun pada tahun anggaran 2018 lalu di kawasan Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang. Salah satunya yaitu melakukan penyaringan terhadap Warga calon penghuni Rusun tersebut.

“Rusun ini nantinya akan ditempati oleh Warga yang masuk dalam katagori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Agar program ini benar benar tepat sasaran, makanya kita melakukan seleksi atau penyaringan terhadap Warga yang sudah mendaftarkan diri untuk menempati Rusun tersebut. Bagi Warga yang nantinya tidak masuk dalam katagori MBR saat dilakukan penyaringan, tentu tidak akan bisa ikut menempati Rusun tersebut,” ujar Yusran Fauzi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong, Kamis (4/7).

Selain melakukan penyaringan calon penghuni Rusun, sambung Yusran, pihaknya saat ini juga tengah mempersiapkan Surat Keputusan (SK) pengelolaan Rusun serta penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengatur besaran sewa yang akan dibebankan kepada para penghuni rusun nantinya.

“Sampai hari ini sudah ada 30 KK yang sudah mendaftar. Untuk besaran sewanya memang belum ditentukan, tetapi bisa dipastikan nilai sewa akan benar benar terjangkau oleh para warga penghuni. Sedangkan untuk pengelolaan Rusun itu sendiri nantinya akan diserahkan oleh Kementrian PUPR kepada Pemerintah Daerah Rejang Lebong,” tegas Yusran.

Untuk diketahui, pembangunan gedung Rusun senilai Rp 13,2 Milyar sudah tuntas dikerjakan tahun anggaran 2018 lalu. Rusun diperuntukan bagi Warga yang masuk dalam katagori Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR. Rusun yang dibangun tersebut telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana pokok seperti listrik, air bersih dan perabotan furniture rumah tangga.

“Jadi nanti Warga yang menempati tinggal menempati saja. Sebab Rusun ini telah dilengkapi dengan berbagai perabotan rumah tangga, ” tutup Yusran. [Ifan Salianto]