Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian bersama perserta melakukan senam.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian membuka acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019.

Dalam sambutannya, Ir. Mian mengatakan bahwa kita harus hidup sehat, cinta terhadap anak kita, dan mencintai keluarga kita.

“Kita harus hidup sehat, cintai anak kita, cintai keluarga kita” kata Ir. Mian, Minggu (28/7/2019).

Setelah itu, Bupati Kabupaten Bengkulu Utara ini dengan didampingi Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Dr. Dwi Listyawardani, Ir., M.Sc, bergegas melakukan jalan santai dengan melalui rute yang sudah ditetapkan oleh Panitia.

Setelah melakukan jalan santai, Ir. Mian bersama peserta jalan sehat melakukan Senam massal Keluarga-Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Baca : Mian Lepas Ribuan Peserta Jalan Santai Harganas ke XXVI

Selain itu, juga ada Pameran Harganas XXV SKPD KB Kabupaten/Kota dan Dinas terkait, Permainan Keluarga, GenRe Berteman, sosialisasi pengasuhan ayah dalam rangka Hari Keluarga Nasional, launching Rumah Dataku, Pojok Kependudukan, SSK Kabupaten Bengkulu Utara, Talkshow Radio bersama Gubernur, Kepala BKKBN RI, dan TP PKK Bengkulu Utara, malam ramah tamah dengan Bupati Bengkulu Utara dan pemutaran Film Mupen.

Peringatan Keluarga Nasional ini pertama kali diperingati pada tahun 1993 di Lampung. Peringatan ini bermaksud untuk mengingatkan dan mengupayakan pada seluruh khalayak masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga untuk membangun bangsa dan negara.

Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Selain itu, keluarga juga akan selalu memberikan, memelihara dan mengarahkan kekuatannya sebagai pelindung dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, anggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur.

Sedangkan inisiator Harganas ini adalah Prof. Dr. Haryono Suyono yang merupakan Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto.

Mario Sekolah Jurnalistik Kerakyatan Angkatan Ke-2