Foto bersama jurnalis dari berbagai media online yang tergabung dalam SMSI dan OJK, Sabtu (20/7/2019) 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu mengadakan workshop bertema “Jurnalis media online analisa laporan keuangan dan indikator perekonomian” di Aula Hotel Santika Sabtu (20/7/2019).

Workshop itu diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan perusahaan pers dalam bidang keuangan dan juga bagi jurnalis yang meliput berita ekonomi.

Ketua SMSI Bengkulu Rahimandani dalam pembukaan kegiatan workshop menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antar lembaga dengan SMSI.

“SMSI sebagai perkumpulan dari berbagai media siber di Bengkulu memiliki program kerja dan untuk kali ini merupakan kinerja bidang hubungan antar lembaga, saat ini kita gandeng OJK sebagai lembaga pengawas keuangan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan jurnalis media siber dalam bidang keuangan dan ekonomi,” kata Rahimandani.

Rahimandani dalam sambutannya juga menyampaikan kerjasama SMSI dan OJK bisa mengedukasi masyarakat.

“Media sebagai pilar ke-4 demokrasi sudah semestinya memberikan berita yang mencerdaskan kepada masyarakat, termasuk masalah ekonomi dan keuangan. OJK sebagai lembaga pengawas keuangan namun kehadirannya belum semua masyarakat tahu peran dan fungsi lembaga ini, untuk itu di era digital ini media berperan penting untuk ikut serta mengedukasi masyarakat, “pungkas rahimandani

Plh OJK Bengkulu Winter marbun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dengan SMSI menjalin kerjasama dengan OJK

“kami menyadari OJK sepenuhnya belum dipahami peran dan fungsinya oleh masyarakat terutama di daerah yang jauh dari perkotaan, untuk itu sinergi dengan media terutama dengan SMSI kami harap terus terjalin sehingga masalah keuangan dan perekonomian dapat dipahami oleh masyarakat luas melalui pemberitaan media, “kata Winter marbun

Ditambahkan winter marbun tidak ada kemajuan ekonomi masyrakat tanpa lembaga keuangan

“Kita lihat yang terjadi saat ini, tidak ada kemajuan ekonomi masyarakat tanpa lembaga keuangan baik berupa koperasi maupun perbankan. Kebutuhan masyrakat bisa di penuhi dengan lembaga keuangan kecuali masyarakat yang memang sudah tercukupi dalam memenuhi kebutuhannya,” jelas Winter Marbun.

Kegiatan workshop ini diikuti sebanyak 35 peserta dari berbagai media online yang tergabung dalam SMSI dan diisi langsung oleh pemateri handal dari Akademisi fakultas ekonomi dan bisnis UNIB Roosemarina A. Rambe dan staf pengawasan perbankan OJK Hulman marudut sinaga. [Yusuf]