PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, salah satu program andalan Walikota Bengkulu Helmi Hasan sudah menjadi favorit di masyarakat. Aplikasi HD Oto memudahkan masyarakat untuk mengakses ambulans gratis untuk keadaan darurat.

Bahkan aplikasi ini juga bisa difungsikan bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk pernikahan. Tentu saja kendaraan yang digunakan bukan ambulans melainkan Kendaraan dinas Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu. Minggu (7/7) pagi giliran warga Kelurahan Pondok Besi Despian Batara Yuda (26) yang berhasil “menunggangi” BD 1 A.

“Saya memesan langsung mobil pak Walikota lewat aplikasi HD oto,” terangnya.

Lanjutnya, pemesanan dilakukan pada bulan minggu kedua Juni.

Harap – harap cemas, itulah yang dirasakan Despian jelang hari pernikahan. “Deg – deg an kak, soalnya saya belum yakin aplikasi saya disetujui atau tidak,” ujar staf di salah satu hotel kawasan Rawa Makmur, Bengkulu ini.

Rasa bangga dan haru pun menyesak di dada Despian dan keluarga besarnya. “Ini kehormatan besar bagi keluarga kami,” kata ayah Despian, Abdul Mualif. Berulang kali ucapan rasa syukur keluar dari bibir juru parkir di kawasan Padang Harapan ini.

Despian pun semakin mantap menuju rumah calon istrinya Gusti Mulyanti di Kelurahan Kampung Kelawi. Warga yang menyambut pengantin pria ini pun terkejut bukan kepalang ketika sang mempelai turun dari mobil orang nomor satu di Kota Bengkulu.

“Padek nian mas, sampean bisa pake mobil pak Wali untuk kawinan,” puji salah satu warga Dwi Mario.

“Terima Kaih banyak pak Wali Helmi Hasan, semoga selalu sehat dan jadi panutan, “tutup Despian usai prosesi akad nikahnya.

Program HD oto ini kerap sukses membuat “Baper” masyarakat kota Bengkulu Sudah puluhan warga yang menggunakan  kendaraan dinas Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu untuk menjadi mobil pengantar nikah keluarganya.

Untuk diketahui bahwa, Walikota Helmi dan Wakil Walikota Dedy telah berkomitmen bahwa APBD untuk rakyat. Bukan hanya infrastruktur yang berpihak kepada masyarakat tetapi juga sejumlah fasilitas Kepala Daerah pun bisa dicicipi oleh masyarakat biasa.

Di hari yang sama, mobil dinas BD 6 A  yang digunakan Waka I DPRD Kota Bengkulu Win Zafitra Ruslan juga digunakan warga Kota Bengkulu yang membutuhkan.

Sama halnya dengan Mobnas BD 1 A dan BD 2 A, iring iringan mobil pengantin yang menggunakan Mobnas BD 6 A juga mengantarkan Zainal (Pengantin Pria) dari Kelurahan Bajak menuju ke rumah wanita idamannya Halimah (Pengantin Wanita) yang berada di kelurahan Pagar Dewa.

“Mobil dinas ini kan milik rakyat, siapapun boleh menggunakannya, asal dijaga dengan baik dan jelas kegunaannya,” ucap Waka I DPRD Kota Bengkulu, Win Zafitra Ruslan.

Tidak hanya itu, informasi dari driver (pengemudi) Mobnas BD 6 A, Jemmy mengatakan mobnas Waka I DPRD tersebut sering digunakan untuk mengantarkan orang sakit.

“Mas Win sering mengatakan, jika ada warga kota Bengkulu yang lagi sakit butuh bantuan kendaraan, segera cepat antar warga tersebut dengan menggunakan mobnas BD 6 A,” beber Jemmy.

Untuk diketahui, Aplikasi HD OTO yang digagas bapak walikota Helmi Hasan kian diminati warga kota Bengkulu. Terlebih seperti Mobnas BD 6 A yang juga ikut digunakan membantu Warga Kota Bengkulu ini sesuai dengan harapan Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

“Rakyat berhak menggunakan mobil dinas tersebut. Ke depan, semua mobnas milik pemerintah juga akan dipersilakan untuk digunakan. Misalnya, mobil dinas yang dipegang kepala dinas atau bawahannya,” tutup Walikota Bengkulu Helmi Hasan. [Ilham Yudhasa]