Ilustrasi

PedomanBengkulu.com, Seluma – Tahap awal Anggaran dana 20 kelurahan di Kabupaten Seluma sudah masuk ke Kas Daerah sebesar Rp 3,7 M. Dalam proses pencairan Kelurahan diwajibkan membentuk Lembaga Pembangunan masyarakat (LPM) terlebih dahulu.

“Anggrannya sudah ada tinggal menunggu pembentukan LPM serta usulan serta musyawarah untuk penggunaan anggaran kelurahan ini,” kata Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Suprapto kepada wartawan.

Disampaikannya, untuk anggaran kelurahan ini bersumber dari APBD murni sebesar Rp14 Miliar yang dibagi kepada 20 kelurahan, sehingga setiap kelurahan mendapatkan Rp700 juta. Namun, sesuai dengan aturan, ada penambahan sebesar Rp350 juta per kelurahan dari APBN dengan total Rp 7 Miliar. Sehingga di setiap kelurahan estimasi akan mendapatkan Rp 150 Juta.

“Tahap awal terlebih dahulu akan dikucurkan ke rekening kelurahan dan jelas anggarannya sudah tersedia, sebesar Rp 3,7 M. Mudah-mudahan anggaran sebesar Rp 7 M tambahan ini bisa terwujud oleh kementrian keuangan,” ujar Suprapto.

Sedangkan, untuk tahapan pencairan dana kelurahan tersebut, tidak berbeda dengan proses pencairan dana desa, yang dicairkan sebanyak tiga tahap. Hanya saja, kelurahan harus menyusun LPM dan perencanaan pembangunan.

“Tak jauh berbeda dengan pencairan DD namun kelurahan harus membentuk LPM dan perencanaan pembangunan,” jelas Suprapto. [YD]