PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Desa Bukit Makmur Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara telah diverifikasi sebagai desa Open Defecation Free (ODF) oleh tim verifikasi Dinas Kesehatan Bengkulu Utara bersamaa Kader Desa Air Sekamanak, Kader Desa Marga Bakti, Kader Desa Bukit Makmur pada Rabu kemarin (17/7/2019).

Promotor Puskesmas Bukit Makmur Leni Budiarsih, mengatakan ODF sangat penting untuk mencegah penyakit stunting yang diakibatkan karena membuang air besar secara sembarangan. Setelah dinyatakan bebas dari buang air besar sembarangan diharapkan Desa Bukit Makmur terbebas dari penyakit yang diakibatkan oleh kuman E Coli dan terbebas dari stunting.

“Menurut saya manfaat tidak buang air besar sembarangan yaitu tidak mencemari lingkungan, tidak terserang kuman penyakit yang disebabkan oleh kotoran manusia, yang salah satunya adalah stunting,” ucap Leni Budiarsih.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bukit Makmur Hartono menambahkan, dengan adanya gerakan ODF ini sangat membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membuat jamban.

“Saya mendukung gerakan ODF ini karena bisa membantu masyarakat yang belum mempunyai jamban dan membuat masyarakat tidak buang air sembarangan lagi,” imbuh Hartono.[Tri Sugeng Surahmat]