PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Selatan merancang akan membentuk Tim Koordinasi Pengawas Perkebunan tingkat Kabupaten.

Sehubungan dengan hal tersebut, Distan Bengkulu Selatan kemarin (15/7/2019) menggelar rapat koordinasi awal.

“Terkait dengan rencana pembentukan tim koordinasi pengawasan, kita sudah rapat bersama dengan Pihak Polres, KPHL, Kecamatan, BPN, Kabag Hukum termasuk dari PT ABS dan Jathropa juga hadir,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

Secepatnya, menurut Sukarni, tim koordinasi ini akan dibentuk. Tujuannya untuk memaksimalkan pengawasan terhadap beberapa perusahaan dan perkebunan yang ada di Bengkulu Selatan. Dengan harapan seluruh perkebunan yang ada mentaati seluruh aturan, ramah lingkungan dan berkontribusi bagi kemajuan daerah.

“Selama ini belum ada tim koordinasi pengawas yang skala kabupaten. Untuk fungsi pengawasan hanya dijalankan staf di bidang perkebunan. Sehingga kurang maksimal,” imbuh Sukarni.

Dengan melibatkan lintas instansi dalam tim koordinasi ini, nantinya diharapkan akan melihat setiap permasalahan yang ada di Perkebunan secara kompleks.

“Jika ada perkebunan yang beroperasi di luar lokasi izin, akan ada BPN yang paham. Misalkan ada perusahaan perkebunan yang sudah masuk kawasan hutan lindung, ada orang kehutanan yang paham. Untuk penindakannya, kita akan mengikutsertakan aparat penegak hukum dalam tim,” pungkas Sukarni. [Apdian/Rilis]