Ilustrasi SPBU

PedomanBengkulu.com, Seluma – Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) masih akan mengkaji untuk keluarkan izin pembangunan SPBU baru di Kelurahan Masmambang, Kecamatan Talo. Pasalnya, lokasi yang di usulkan sangat kecil dan untuk Instalasi pengelolaan Limbah(Ipal) belum tersedia, Sepadan bangunan serta sepadan badan jalan.

“Izin pendirian SPBU ini akan sulit terwujud, mengingat lokasi yang di usulkan kecil juga berdampingan dengan pemukiman warga serta sepadan bangunan dan sepadan badan jalan tidak memungkinkan lagi,”tegas Kepala DPMPTSP Seluma, Drs Mahwan Jayadi kepada wartawan. Selasa 16 Juli 2019.

Dijelaskan, pengecekan lokasi yang diajukan oleh perusahaan tersebut sudah di kroscek dengan OPD terkait, guna melakukan kajian analisa dari segala aspek bidang masing-masing sebelum di keluarkannya rekomendasi penerbitan izin. Namun dari kasat mata saja juga sudah bisa dipastikan akan sukit terwujut. Terkecuali, jika memang hendak mendirikan SPBU di Kabupaten Seluma maka bisa di berikan rekomendasi lokasi yang bagus.

“Jika usulan sudah menyebutkan lokasi, maka jelas akan susah terkecuali jika menyebutkan secara global maka bisa juga diberikan alternatifnya,”jelas Mahwan.

Disampaikan, sebelum dikeluarkannya izin lokasi, izin lingkungan, kajian Amdal lingkungan, serta UKL/UPL tetap harus disampaikan. Namun, terlebih dahulu harus mendapatkan kajian bersama tim teknis lainnya seperti, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Lingkungan Hidup (LH), serta Disperindagkop dan UKM.

“Lokasi SPBU jelas haruslah besar. Mengingat lokasi SPBU juga harus menyediakan fasilitas umum, seperti tempat istirahat serta wc umum bagi pengemudi kendaraan besar. Pasalnya, lokasi dan kawasan tersebut merupakan pelintasan,” ujar Mahwan. [YD]